Putri, Amanda Shafa Salsabila (2024) Proses Produksi dan Pemasaran Minuman Kumon (Kunyit dan Lemon). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (203kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahulan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (207kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (340kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kunyit merupakan tanaman obat yang banyak dibutuhkan oleh industri obat tradisional. Lemon (Citrus limon L) merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara. Lemon terkenal sebagai bahan untuk diperas dan diambil sari buahnya yang dimana sari buah ini biasanya dapat dikonsumsi secara langsung atapun di olah terlebih dahulu. Minuman kumon (kunyit dan lemon) merupakan minuman yang terbuat dari bahan baku utama kunyit dan lemon. Minuman kunyit dan lemon memiliki khasiat yang bermanfaat untuk penyembuhan penyakit. Proyek Usaha Mandiri (PUM) ini bertujuan untuk mengetahui cara produksi dan pemasaran produk yang baik, mengetahui analisa kelayakan usaha dari produk minuman kumon (kunyit dan lemon), serta mengetahui strategi pemasaran produk yang baik. Produksi dilaksanakan di Laboratorium Pengolahan Pangan kampus bondowoso Politeknik Negeri Jember selama 3 bulan pada bulan April sampai Juni. Metode pelaksanaan program ini dilakukan dengan survei pasar, survei konsumen, pra produksi, produksi, analisis kelayakan usaha, pemasaran. Pelaksanaan produksi minuman kumon (kunyit dan lemon) dilaksanakan 15kali dan menghasilkan 225 kemasan botol. Satu kemasan botol dengan ukuran 250 ml berat produk. Harga jual per kemasan botol sebesar Rp. 8.000. Penjualan dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Penjualan secara langsung dilakukan dengan cara berinterkasi dengan konsumen. Penjualan secara tidak langsung dengan cara menjualkan secara pre order melalui aplikasi media sosial seperti whatsapp dan instagram
Actions (login required)
View Item |