Safa, Ihya Farabi (2025) Analisis Usaha Cireng isi Ikan Tongkol Aneka Rasa di Kelurahan Jember Kidul Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Ringkasan)
RINGKASA TA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (34kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 TA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (95kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (152kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP_ANALISIS_USAHA_CIRENG_ISI_IKAN_TONGKOL_ANEKA_RASA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Produk cireng isi ikan tongkol aneka rasa merupakan hasil diversifikasi produk olahan dengan menggunakan inovasi isian ikan tongkol. Cireng ini sangat cocok dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tujuan dari tugas akhir ini adalah melakukan proses produksi, menganalisi usaha, dan menerapkan bauran pemasaran pada usaha ini. Kegiatan pembuatan cireng isi ikan tongkol aneka rasa dilakukan selama 5 bulan, mulai dari 9 Agustus 2024 sampai tanggal 13 Januari 2025, di Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Metode pengumpulan data yang menggunakan data primer dan sekunder. Proses produksi di lakukan sebanyak 5 kali yang menghasilkan 50 kemasan dengan 25 kemasan varian rasa pedas dan 25 kemasan varian rasa original setiap 1 kali produksi dengan isi 4 pcs per kemasan dengan harga jual sebesar Rp 8.000/kemasan dan mendapatkan pendapatan sebesar Rp 400.000. Metode analisis usaha yang digunakan yaitu BEP, R/C Ratio dan ROI. BEP prduksi sebesar 35,64/kemasan dan nilai BEP harga sebesar Rp 5.703,32/kemasan. Nilai R/C Ratio diperoleh 1,4 dan nilai ROI sebesar 0,94%. Berdasarkan ketiga analisis tersebut maka usaha cireng isi ikan tongkol aneka rasa menguntungkan dan layak untuk diusahakan. Pemasaran yang dilakukan dalam usaha ini menggunakan bauran pemasaran yang melibatkan konsep STP (Segmentation, Targeting dan Positioning) 4P yaitu (product) produk, (price) harga, (place) tempat, (promotion) promosi.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis usaha, Cireng, Pemasaran | ||||||
Subjects: | 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 165 - Teknologi Pangan dan Gizi 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 230 - Ilmu Perikanan > 232 - Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 230 - Ilmu Perikanan > 234 - Pengolahan Hasil Perikanan |
||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Ihya Farabi Safa | ||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 00:36 | ||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 00:37 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/43737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |