Digital Marketing Produk Pt Mbegor Jaya Mandiri Kabupaten Jember

Adhim, Mochammad Khuluqil (2025) Digital Marketing Produk Pt Mbegor Jaya Mandiri Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (187kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (304kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (281kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

PT Mbegor Jaya Mandiri merupakan salah satu perusahaan agroindustri yang bergerak di bidang produksi bumbu makanan khas Indonesia seperti sambal, saus, serta terasi. Era digitalisasi menuntut perusahaan untuk terus mengikuti perkembangan termasuk dalam bidang digital marketing. Platform e-commerce seperti Shopee menjadi salah satu marketplace dengan pengguna paling besar di Asia Tenggara dan menjadi wadah yang sangat potensial untuk mendukung pelaksanaan digital marketing pada produk PT Mbegor Jaya Mandiri. Tujuan khusus dari pelaksanaan magang ini adalah supaya mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana kegiatan digital marketing di perusahaan, serta mampu mengidentifikasi permasalahan, dan memberikan masukan di bidang digital marketing pada perusahaan. Kegiatan magang yang dilakukan di PT Mbegor Jaya Mandiri diantaranya yaitu pembekalan materi oleh pembimbing lapang, mengikuti kegiatan produksi, dan juga megikuti kegiatan pemasaran dilakukan secara offline dan online. Pemasaran secara offline dilakukan dengan konsinyasi pada toko oleh-oleh area Jember dan dijual secara langsung dengan mengikuti event bazar yang ada di Jember. Pemasaran online atau digital marketing dilakukan pada beberapa marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Blibli serta melakukan promosi pada media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Tiktok. Digital marketing yang dilakukan pada e-commerce di PT Mbegor Jaya Mandiri meliputi kegiatan menyusun strategi pemasaran, mendirikan dan mengelola toko pada platform e-commerce, memproduksi konten digital, pemasangan iklan, serta pelaksanaan packaging dan distribusi kepada jasa pengiriman. Permasalahan utama yang terjadi adalah tidak optimalnya hasil dari digital marketing produk di PT Mbegor Jaya mandiri yang mana disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya keterampilan SDM pada skill shooting dan editing, tidak berjalannya pengoperasian iklan pada Shopee Ads dan kurangnya pemahaman mengenai Shopee Ads, belum tersedianya fasilitas kamera yang memadai, terbatasnya fitur pada aplikasi editing, tidak optimalnya penggunaan fitur-fitur yang disediakan Shopee, kurangnya konsistensi, kurangnya ide kreatif dalam produksi konten, dan minimnya anggaran untuk pengiklanan pada Shopee Ads. Solusi dalam menyelesaikan permasalahan pada digital marketing pada platform ecommerce Shopee di PT Mbegor Jaya Mandiri diantaranya adalah dengan mengikuti program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan karyawan, berinvestasi pada peralatan dan aplikasi produksi konten digital, menyusun tim dan sistem kerja untuk fokus mengoptimalkan fitur-fitur yang disediakan oleh Shopee, membuat jadwal produksi konten, memperbanyak referensi dan berlatih membuat konten digital dengan konsisten, serta memasukan anggaran iklan pada HPP.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAndini, ParamitaNIDN0026059202
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, Produk
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 166 - Teknologi Pasca Panen
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Mochammad Khuluqil Adhim
Date Deposited: 04 Feb 2025 02:07
Last Modified: 04 Feb 2025 02:08
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/39564

Actions (login required)

View Item View Item