Nurfadhilah, Aisyah (2025) Produksi dan Pemasaran Cookies Pisang Agung (Musa Paradisiaca Fornatypica) dengan Topping Kurma. Diploma thesis, Politeknik Neger Jember.
![]() |
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (131kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (66kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (132kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pisang Agung (Musa paradisiaca fornatypica) adalah salah satu buah unggulan dari Kabupaten Lumajang di Jawa Timur yang memiliki potensi luar biasa untuk dijadikan berbagai jenis makanan inovatif. Dalam rangka meningkatkan nilai tambah dan keragaman produk lokal, penulis melaksanakan kegiatan Proyek Usaha Mandiri (PUM) yang berfokus pada produksi dan pemasaran cookies pisang agung dengan topping kurma. Cookies ini dibuat menggunakan campuran tepung pisang agung dan tepung terigu, serta diberi topping kurma sebagai sumber serat dan antioksidan alami. Proyek Usaha Mandiri (PUM) ini dilaksanakan untuk memahami proses produksi, kelayakan usaha, serta strategi pemasaran yang efisien. Kegiatan ini berlangsung dari Februari hingga Mei 2025 di Laboratorium Pengolahan Pangan Politeknik Negeri Jember. Proses produksi mencakup pembuatan tepung dari pisang agung, penyusunan adonan, pencetakan, pengovenan pada suhu 125–130°C dalam dua tahap, pendinginan, dan pengemasan ke dalam standing pouch. Jumlah produksi yang dihasilkan sebanyak 100 kemasan dari sepuluh kali proses produksi, dengan rata-rata rendemen mencapai 93,74% dan tingkat kerusakan sebesar 1,33%. Uji organoleptik dilakukan untuk menilai atribut warna, rasa, aroma, tekstur, serta penampilan oleh para panelis. Hasilnya menunjukkan bahwa formulasi dengan 70% tepung pisang agung adalah yang paling disukai oleh panelis dalam hal kualitas dan rasa. Analisis usaha menunjukkan bahwa bisnis cookies ini layak untuk dikembangkan dengan harga jual Rp. 16.000 perkemasan. Nilai B/C ratio sebesar 1,47, R/C ratio sebesar 1,01, serta laju keuntungan sebesar 47,46% menunjukkan bahwa usaha ini menguntungkan dan layak untuk dikembangkan. BEP produksi tercapai pada 36 kemasan dengan BEP rupiah harus mencapai Rp517.000 untuk mendapatkan keuntungan. . Strategi pemasaran dilakukan baik secara online (melalui WhatsApp dan Instagram) maupun offline (penjualan langsung), dengan hasil penjualan yang cukup menguntungkn. Menurut hasil yang diperoleh, produk cookies pisang agung dengan topping kurma memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan sebagai produk unggulan berbasis pangan lokal yang tinggi nilai gizinya dan bernilai ekonomi.
Actions (login required)
![]() |
View Item |