PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICE (GMP) PADA PROSES PRODUKSI COKELAT ORIGINAL 45 GRAM DI PT. KAMPUNG COKLAT BLITAR, JAWA TIMUR

Rachman, Anisa Fahdilah (2023) PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICE (GMP) PADA PROSES PRODUKSI COKELAT ORIGINAL 45 GRAM DI PT. KAMPUNG COKLAT BLITAR, JAWA TIMUR. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (13kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (31kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (138kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

PT. Kampung Coklat adalah salah satu tempat wisata berbasis edukasi yang terletak di Jalan Banteng Blorok No. 18, Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Luas yang dimiliki PT. Kampung Coklat adalah sekitar 6,5 hektar juga mencakup wilayah perkebunan sebagai pemasok kebutuhan produksi, seperti biji kakao yang telah diolah menjadi bubuk sebagai bahan dasar pembuatan cokelat. Berbagai fasilitas yang telah disediakan oleh PT. Kampung Coklat meliputi kebun kakao, coklat kreatif, cooking class, galeri cokelat, musala, toilet, warung prasmanan, food court, perahu dayung, perahu ceria, lokomotif,golf car, kereta monorel, playground, istana balon, live music, taman edel, tani modern, dan lain sebagainya. PT. Kampung Coklat mempunyai beberapa produk cokelat unggulan dengan bentuk, cita rasa, dan warna yang bervariasi, seperti cocoa powder (bubuk cokelat), original chocolate, milk chocolate, crispy chocolate, dark chocolate (67%, 80%, 90%, dan 100%), cokelat combine (apel, stroberi, dan jeruk), serta white chocolate. Salah satu produk cokelat unggulan dari PT. Kampung Coklat yaitu cokelat original dimana memiliki cita rasa manis dan pahit yang pas di lidah para konsumen. Pada proses produksi cokelat original perlu adanya penerapan Good Manufacturing Practice (GMP) sebagai penjamin mutu dan keamanan produk hingga ke tangan konsumen. Beberapa manfaat dari adanya penerapan GMP di PT. Kampung Coklat antara lain adalah sebagai produsen sekaligus supplier produk cokelat yang aman dan layak bagi konsumen serta melindungi produk dari kontaminasi dan kerusakan. Tujuan khusus dari kegiatan magang ini adalah untuk memberi pemahaman dan pengetahuan terkait penerapan Good Manufacturing Practice (GMP) pada proses produksi cokelat original 45 gram di PT. Kampung Coklat Blitar. Good Manufacturing Practice (GMP) terdiri dari 18 aspek penilaian yang telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 75/M/IND/PER/7/2010, meliputi lokasi pabrik, bangunan, produk akhir, peralatan pengolahan, bahan produksi, hygiene personal, pengendalian proses pengolahan, fasilitas sanitasi, label, keterangan produk, penyimpanan, pemeliharaan sarana pengolahan dan kegiatan sanitasi, laboratorium, kemasan, transportasi, pelatihan dan pembinaan, penarikan produk, dan pelaksanaan pedoman. Dari hasil penilaian GMP menunjukkan bahwa penerapan GMP di PT. Kampung Coklat sudah memenuhi persyaratan, namun juga perlu perlu dilakukan evaluasi dan perbaikan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSasmita, Irene Ratri AndiaNIDN0702119102
Uncontrolled Keywords: Cokelat, Produksi, GMP
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 162 - Teknologi Hasil Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 165 - Teknologi Pangan dan Gizi
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 166 - Teknologi Pasca Panen
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > PKL
Depositing User: Anisa Fahdilah Rachman
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:26
Last Modified: 30 Jul 2024 03:27
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35496

Actions (login required)

View Item View Item