Variasi Metode Pra-pemasakan dan Penambahan Konsentrasi Natrium Sitrat terhadap Karakteristik Fisik dan Kimia Multigrain Rice Instan

Hartanti, Laras Dwi (2023) Variasi Metode Pra-pemasakan dan Penambahan Konsentrasi Natrium Sitrat terhadap Karakteristik Fisik dan Kimia Multigrain Rice Instan. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrack.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (19kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (219kB)
[img] Text (Full Text)
Skripsi Lengkap Laras Dwi.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Multigrain rice instan merupakan beras yang telah diolah dengan berbagai perlakuan dengan tujuan dapat memperbaiki karakteristik suatu produk dengan variasi bahan pangan lebih dari satu jenis biji-bijian dan kacang-kacangan. Multigrain rice instan terdiri dari beras merah, edamame, sorgum dan kacang-kacangan sebagai bahan baku pembuatan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dan perlakuan terbaik dari variasi pra-pemasakan dan penambahan natrium sitrat terhadap karakteristik fisik dan kimia multigrain rice instan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan dua faktor yakni variasi pra-pemasakan dengan 3 taraf perlakuan (tanpa pra-pemasakan, pengukusan, dan penyangraian) dan konsentrasi natrium sitrat dengan 2 taraf perlakuan (2% dan 5% ). Metode analisis data menggunakan SPSS ANOVA dengan signifikansi 0.05% dan penentuan perlakuan terbaik motode Zeleny. Penelitian meliputi persiapan bahan, penimbangan bahan, pengecilan ukuran edamame dan kacang merah, pencucian, perendaman (Na3C6H5O7 2% dan 5%), pencucian, pra-pemasakan (penyangraian dan pengukusan), pemasakan, pendinginan, pembekuan, thawing, pengeringan, dan rehidrasi. Variasi metode pra-pemasakan dan penambahan konsentrasi natrium sitrat berpengaruh nyata terhadap kadar air, serat, protein, lemak, warna dan waktu rehidrasi. Sedangkan pada rasio pengembangan tidak memberikan pengaruh nyata. Perlakuan terbaik diperoleh pada perlakuan penyangraian dan penambahan natrium sitrat 5% dengan nilai kadar serat 5.43%, kadar air 3.47%, protein 12,66%, lemak, 3,98%, rasio pengembangan 1.08 cm, waktu rehidrasi 5.43 menit dan warna diperoleh nilai kecerahan (L*) sebesar 53.22%, nilai kemerahan (a*) 6.52%, dan nilai kekuningan (b*) 14.22%. Presentase AKG diperoleh 5.94% lemak, 15.51% serat dan 21.1% protein.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKurniawati, EllyNIDNN0028097302
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 162 - Teknologi Hasil Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 165 - Teknologi Pangan dan Gizi
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Hartanti Laras Dwi
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:04
Last Modified: 09 Aug 2023 07:05
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27795

Actions (login required)

View Item View Item