Analisis Usaha Sirup Pokak Pandan "Sipondan" Di Desa Kebonsari Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun

Aprilia, Noni Elsha (2025) Analisis Usaha Sirup Pokak Pandan "Sipondan" Di Desa Kebonsari Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (203kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (130kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (142kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sirup Pokak Pandan adalah produk inovasi dari minuman tradisional berbahan rempah-rempah seperti jahe, sereh, daun pandan, cengkeh, kayu manis, daun jeruk purut, jeruk nipis, gula, dan madu. Dengan warna hijau dari daun pandan wangi, Sipondan memiliki cita rasa khas, aroma rempah yang kuat, sensasi hangat di tubuh, dan sedikit rasa pedas. Sirup ini dapat dinikmati hangat maupun dingin, serta menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Proses produksi dilakukan selama lima kali produksi yang menghasilkan 12 botol dalam satu kali produksi. Tujuan tugas akhir ini adalah untuk melakukan proses produksi, menganalisis usahanya dan melakukan pemasaran pada produk sirup pokak pandan “Sipondan”. Pelaksanaan berlangsung selama 4 bulan, dari bulan September 2024-Desember 2024, di Desa Kebonsari, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun. Analisis usaha menggunakan metode Break Even Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C Ratio), dan Return On Investment (ROI), sedangkan strategi pemasaran mengacu pada konsep bauran pemasaran (4P): produk, harga, tempat, dan promosi. Hasil analisis menunjukkan bahwa BEP produksi tercapai pada 9 botol dari total produksi 12 botol, dengan BEP harga sebesar Rp10.343,9 per botol dari harga jual Rp13.000. Nilai R/C Ratio sebesar 1,2 dan ROI sebesar 3,6%. Hasil ini menunjukkan bahwa usaha sirup pokak pandan “Sipondan” layak untuk diusahakan dan menguntungkan. Strategi pemasaran difokuskan pada kemasan praktis, penetapan harga bersaing, promosi melalui media sosial, dan distribusi lokal. Dengan memadukan tradisi lokal dan inovasi modern, Sipondan memiliki potensi besar untuk menjadi produk unggulan daerah. Selain mendukung pelestarian budaya lokal, produk ini juga berkontribusi pada pemberdayaan ekonomi masyarakat dan tren gaya hidup sehat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSuyitno, SuyitnoNIDN0015036314
Uncontrolled Keywords: Sipondan, sirup pokak, analisis usaha, bauran pemasaran, inovasi tradisional
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 162 - Teknologi Hasil Pertanian
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 351 - Kesehatan Masyarakat
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 400 - Ilmu Farmasi > 406 - Farmasi Makanan dan Analisis Keamanan Pangan
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 357 - Promosi Kesehatan
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis (PSDKU Nganjuk) > Tugas Akhir
Depositing User: Noni Elsha Harditha Aprilia
Date Deposited: 03 Feb 2025 01:40
Last Modified: 03 Feb 2025 01:40
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/39484

Actions (login required)

View Item View Item