Penerapan Metode Quality Function Deployment (QFD) Pada Perbaikan Kualitas Otak - Otak Bandeng Produksi UMKM Kang Wahab Di Kabupaten Gresik

Lailiyah, Adinda Nur (2022) Penerapan Metode Quality Function Deployment (QFD) Pada Perbaikan Kualitas Otak - Otak Bandeng Produksi UMKM Kang Wahab Di Kabupaten Gresik. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (199kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (205kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (205kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan Metode Quality Function Deployment (QFD) Pada Perbaikan Kualitas Otak - Otak Bandeng Produksi UMKM Kang Wahab Di Kabupaten Gresik, Adinda Nur Lailiyah, NIM B32191176, 2022, 41 halaman, Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Ade Galuh Rakhmadevi, S.TP, MP (Pembimbing). Otak - otak bandeng merupakan olahan ikan bandeng yang di keluarkan dagingnya lalu di masukkan kembali setelah dicampur bumbu-bumbu khas lalu dipanggang. Salah satu produsen otak - otak bandeng di Kabupaten Gresik adalah Kang wahab yang berdiri sejak 1996. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui atribut mutu yang harus diperbaiki serta memperbaiki respon teknis pembuatan otak - otak bandeng kang wahab sesuai harapan pelanggan. Tahapannya matriks house of quality memiliki 6 tahapan penting, diantaranya yaitu identifikasi kebutuhan pelanggan serta penetapan kebutuhan pelanggan, identifikasi respon teknis, penentuan hubungan antara respon teknis dan kebutuhan pelanggan, penilaian hubungan (trade off) antar respon teknis, penentuan matriks perencanaan dan menentuan matriks teknis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa yang diharapkan oleh pelanggan ada 7 atribut mutu yang meliputi warna, aroma, rasa, tekstur, harga produk, informasi produk, dan promosi. Atribut mutu yang menjadi prioritas utama peningkatan mutu yaitu atribut mutu rasa, aroma, promosi dan tekstur. Perbaikan ini dilakukan dengan memperbaiki respon teknis pemanggangan sebagai prioritas pertama dalam perbaikan respon teknis. Perbaikan terhadap respon teknis dilakukan dengan meninjau kemampuan sumberdaya yang tersedia dari perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRakhmadevi, Ade GaluhNIDN0017127707
Uncontrolled Keywords: otak -otak bandeng, quality function deployment(QFD)
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan (Bondowoso) > Tugas Akhir
Depositing User: Adinda Nur Lailiyah
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:07
Last Modified: 21 Jul 2022 03:07
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13566

Actions (login required)

View Item View Item