Analisis Usaha Dimsum Ikan Nila Di Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk

Baihaqi, Dewa Fauzan (2025) Analisis Usaha Dimsum Ikan Nila Di Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk. Diploma thesis, Polije.

[img] Text (Bab 1 Pedahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN TA DEWO (1).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (35kB)
[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN TA DEWO.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA TA DEWO.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (312kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP dewo.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dimsum ikan nila merupakan produk diversifikasi olahan dimsum yang sebelumnya produk dimsum diolah dengan menggunakan bahan uatama yaitu ayam . dimsum ikan nila memiliki bahan pendukung lainnya yaitu tepung, bumbu penyedap sehingga Olahan produk ini menambah variasi pada olahan dimsum yang pada umumnya produk olahan dmsum ikan nila ini merupakan produk baru yang belum dikenal masyarakat luas sehingga dapat berpotensi sebagai inovasi makanan olahan dari ikan dan menambah nilai jual produk olahan ikan nila di kecamatan bagor kabupaten nganjuk. Pelaksanaan tugas akhir ini dilakukan secara mandiri selama 4 bulan lamanya dimulai pada bulan September hingga Desember tahun 2024. Tempat pelaksanaan tugas akhir ini terletak di Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk. Dalam pelaksanaan tugas akhir ini penulis melaksanakan proses produksi hingga pemasaran Dimsum ikan nila , menganalisis kelayakan usaha ini untuk dijalankan dengan mengguankan metode analsisis Break Event Point ( BEP), Revenue Cost Ratio (R/C), dan Return of Investment (ROI), serta mengetahui seberapa efektif pemasaran produk ini jika menggunakan platform e-commerce WhatsApp dan Instagram. Hasil produksi Dimsum ikan nila dalam satu kali proses produksi mencapai 12 kemasan yang dipasarkan dengan harga Rp 10.000 per kemasannya. Pada produksinya Dimsum ikan nila ini dipromosikan dan dipasarkan melalui media sosial WhatsApp dan Instagram, serta secara langsung. Pemasaran melalui media sosial terbukti lebih efektif karena konsumen dapat memesan produk sebelum produksi dilakukan pemesanan terlebih dahulu sehingga penjualan produk lebih terjamin. Hasil analisis usaha Dimsum ikan ni membuktikan bahwa usaha ini layak untuk diusahakan dengan nilai perhitungan BEP Produk sebesar 8 produk dari total produk pada tiap produksi sejumlah 12 produk, nilai BEP Harga sebesar Rp 6.965 dengan harga jual yang ditetapkan sebesar Rp 10.000, nilai perhitungan R/C Ratio yang lebih dari 1 yaitu 1,43 dan nilai perhitungan ROI sebesar 15,16%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKrismiratsih, FitriNIDN0012039402
Uncontrolled Keywords: dimsum ikan nila, diversifikasi produk, kelayakan usaha, BEP, pemasaran digital
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 230 - Ilmu Perikanan > 232 - Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 230 - Ilmu Perikanan > 234 - Pengolahan Hasil Perikanan
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Dewanda Fauzan Baihaqi
Date Deposited: 19 Aug 2025 08:39
Last Modified: 19 Aug 2025 08:40
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/46118

Actions (login required)

View Item View Item