Sari, Diana Mayang (2025) Analisis Usaha Cookies Labu Kuning “Colabuna” Di Desa Tempursari Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Ringkasan)
Ringkasan..pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (94kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (18kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka..pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (219kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan_Lengkap..pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Cookies Labu Kuning adalah camilan yang terbuat dari percampuran tepung labu kuning, tepung terrigu, telur, margarin, gula pasir, vanili, soda kue. Dan diberi topping Keunggulan dari cookies labu kuning yaitu berbahan dasar tepung labu kuning untuk mengurangi penggunaan tepung terigu sebagai bahan baku utamanya. Selain itu cookies ini memiliki rasa yang khas dengan percampuran antara tepung labu kuning dan tepung terigu. Proses produksi Cookies Labu Kuning dilakukan dengan 6 tahapan yaitu dimulai dari persiapan alat dan bahan, penimbangan bahan, percampuran dan pengulenan, pencetakan adonan, pengovenan, pengemasan dan pelabelan. Tujuan pelaksanaan tugas akhir ini yaitu untuk melaksanakan proses produksi, analisis usaha, dan dapat melakukan pemasaran. Pembuatan sekaligus pemasaran cookies labu kuning dilakukan di Desa Tempursari Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun dan berlangsung selama 4 bulan dimulai dari bulan September sampai bulan Desember. Metode analisis usaha menggunakan Break Event Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C Ratio), dan Return On Invesment (ROI). Hasil produksi cookies labu kuning dalam satu kali proses produksi memperoleh 15 kemasan dengan harga jual Rp8.000 per kemasan. Proses pemasaran dengan cara menawarkan produk secara langsung kepada konsumen dan promosi melalui media social dengan memperkenalkan produk melalui unggahan di WhatsApp dan Instagram. Hasil perhitungan analisis usaha menghasilkan BEP (Produksi) 12 kemasan dari total produksi sebanyak 15 kemasan dan BEP (Harga) Rp6.244 per kemasan dengan harga jual produk Rp8.000 per kemasan, R/C Ratio sebesar 1,28 dan ROI sebesar 4,34%. Berdasarkan hasil analisis maka produk cookies labu kuning layak diusahakan.
Actions (login required)
![]() |
View Item |