Manajemen Pemasaran Sambal pada PT Mbegor Jaya Mandiri Kabupaten Jember

Puspito, Ajeng Eka Putri (2025) Manajemen Pemasaran Sambal pada PT Mbegor Jaya Mandiri Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (92kB)
[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (66kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

PT Mbegor Jaya Mandiri merupakan salah satu usaha agroindustri yang bergerak di bidang produksi makanan khas Indonesia yaitu sambal. Sambal yang diproduksi PT Mbegor Jaya Mandiri memiliki rasa dan aroma yang unik karena diproses melalui tahapan pengasapan. Sambal di PT Mbegor Jaya Mandiri memiliki berbagai macam varian produk yaitu sambal bawang, sambal teri, sambal bajak, sambal cumi asap, sambal ikan pari asap, sambal udang, terasi limau, dan sambal tuna asap. Pelaksanaan magang di PT Mbegor Jaya Mandiri dilakukan dengan tujuan agar dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta pengalaman kerja bagi mahasiswa mengenai kegiatan dalam suatu perusahaan atau industri, dan melatih mahasiswa agar lebih kritis terhadap perbedaan yang mereka jumpai di lapangan dengan yang diperoleh di bangku kuliah. Tujuan dari laporan ini yaitu mampu menjelaskan tentang manajemen pemasaran, mampu mengidentifikasi masalah, dan memberikan solusi penyelesaian dalam penerapan manajemen pemasaran di PT Mbegor Jaya Mandiri. Manajemen pemasaran di PT Mbegor Jaya Mandiri terdiri dari 4 (empat) aspek yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengontrolan. Bauran pemasaran yaitu faktor-faktor yang dapat dikendalikan oleh perusahaan meliputi dari produk (product), harga (price), lokasi (place), promosi (promotion). Permasalahan pemasaran sambal yaitu kurangnya tenaga SDM penjualan, media promosi terbatas, target pencapaian tanpa rencana tindakan, kurangnya sarana pendukung kegiatan pemasaran, dan persaingan pasar yang ketat. Solusi dari permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pemasaran adalah menambah tenaga kerja, melakukan promosi melalui media sosial secara lebih luas dan mengikuti kegiatan promosi lainya, pembuatan langkah – langkah yang harus diikuti untuk mencapai target, melengkapi sarana pemasaran, dan mengenali pesaing secara mendalam.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAndini, ParamitaNIDN0026059202
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pemasaran Sambal Mbegor Agroindustri
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Ajeng Eka Putri Puspito
Date Deposited: 21 Jan 2025 08:09
Last Modified: 21 Jan 2025 08:15
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/39108

Actions (login required)

View Item View Item