Produksi Dan Pemasaran Turkish Delight Dengan Ekstrak Lemon Tea

Mahdyalam, Muhammad Arif (2024) Produksi Dan Pemasaran Turkish Delight Dengan Ekstrak Lemon Tea. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Text (Ringkasan).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (216kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Text (Bab 1 Pendahuluan).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (219kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (338kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Text (Laporan Lengkap).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Turkish delight atau disebut juga dengan lokum adalah manisan seperti jeli berbahan dasar gula yang mengandung pati dengan membentuk gel (Gogus, Maskan, & Kaya, 1998). Turkish delight, atau dalam bahasa Turki dikenal sebagai "lokum," adalah sejenis permen tradisional yang berasal dari Timur Tengah, khususnya Turki. Lokum memiliki tekstur kenyal dan lembut, serta biasanya dipotong menjadi kotak-kotak kecil sebelum disajikan. Lokum seringkali dibumbui dengan air mawar, lemon atau ekstrak buah lainnya. Konsistensinya lembut dan lengket, dan sering dikemas dan dimakan dalam bentuk kubus kecil yang ditaburi maizena sangrai agar tidak lengket. Proses produksi adalah suatu tahapan atau cara dalam membuat produk sesuai dengan bahan-bahan formulasi yang telah di tetapkan pada proses sebelumnya. Proses produksi turkish delight dengan ekstrak lemon tea ini melalui beberapa tahapan prosedur yaitu persiapan alat dan bahan, pemasakan sirup, pemasakan adonan, pencampuran bahan, pemasakan, pendinginan, pemotongan, pengemasan dan pelabelan. Produksi turkish delight dengan ekstrak lemon tea dilakukan sebanyak 15 kali produksi sehingga menghasilkan 225 kemasan. Pada analisa biaya realisasi usaha yaitu, biaya tetap Rp. 114.190, biaya tidak tetap Rp. 1.166.745, total pendapatan Rp. 1.800.000, keuntungan Rp. 519.064, laju keuntungan 40.52% dan R/C Ratio 1,4. Strategi pemasaran produk turkish delight dengan ekstrak lemon tea dilakukan baik secara langsung dan tidak langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBachri, SyaifulNIDN0025096905
Uncontrolled Keywords: Lemon Tea, Turkish Delight
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 162 - Teknologi Hasil Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 165 - Teknologi Pangan dan Gizi
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Arif Mahdyalam
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:57
Last Modified: 06 Aug 2024 04:58
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/36145

Actions (login required)

View Item View Item