Produksi dan Pemasaran Sari Buah Markisa

Oktavia, Herlina (2014) Produksi dan Pemasaran Sari Buah Markisa. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
07.abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20.daftar pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (35kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
15.Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (38kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
24.lampiran dokumentasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)

Abstract

Markisa adalah buah yang sudah banyak dibudidayakan di daerah tropis, termasuk di Indonesia. Di Indonesia terdapat dua jenis markisa, yaitu Markisa Ungu (passiflora edulis) yang tumbuh di dataran tinggi, dan Markisa Kuning (passiflora flavicarva) yang tumbuh di dataran rendah. Manfaat markisa bagi kesehatan manusia, menjadikannya memiliki nilai komersial yang tinggi. Markisa memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan karena mengandung beta karoten, potasium, serat, dan vitamin C. Tujuan dari kegiatan Proyek Usaha Mandiri (PUM) ini di antaranya adalah menemukan formulasi yang tepat dalam pembuatan sari buah markisa, memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mengembangkan kemandirian dan kreativitasnya dengan melakukan analisa usaha, mampu memasarkan dan meningkatkan nilai tambah komoditi markisa di daerah Jember menjadi minuman yang sehat dan mendapatkan produk sari buah markisa yang diterima oleh masyarakat dengan skala mutu yang baik dan dapat bersaing dengan produk lain dipasaran. Manfaat yang dapat diambil dari adanya kegiatan Proyek Usaha Mandiri (PUM) ini adalah menjadikan mahasiswa lebih mempunyai jiwa wirausaha sejak dini agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, menjadikan usaha pembuatan sari buah markisa ini sebagai tambahan penghasilan. Metodelogi yang digunakan dalam produksi sari buah markisa meliputi survei pasar, proses pra produksi, proses produksi. Tahapan proses pembuatan sari buah markisa yaitu persiapan bahan, penimbangan, penghancuran, penyaringan, pemasakan, pengemasan. Formulasi pembuatan sari buah markisa terdiri dari markisa 3000 gr, gula pasir 1800 gr, dan dengan penambahan air 9 liter menghasilkan dari buah dengan warna orange, memiliki aroma markisa yang menonjol dengan rasa khas markisa yang sangat kuat dan kental. Produksi sari buah markisa sebanyak 135 liter menghasilkan 750 kemasan yang dijual dengan harga Rp. 2.000,00 per kemasan dengan berat 180 ml setiap kemasan dengan penjualan sari buah markisa sebesar Rp. 1.500.000,00 dan mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 478.600,00 dengan prosentase keuntungan sebesar 39,18% dari hasil penjualan sari buah markisa dari hasil penjualan sari buah markisa, usaha tersebut layak untuk dilakukan karena mengacu dari B/C Ratio sebesar 1,47 dimana yang artinya jika B/C Ratio >1 maka usaha produksi sari buah markisa tersebut layak sebagai usaha. Penjualan secara langsung lebih efisien dibanding secara tidak langsung, karena pada penjulan secara langsung kami dapat mengenalkan secara langsung produk sari buah markisa kami terhadap konsumen dengan cara memberikan penjelasan bahwa produk sari buah markisa kami menggunakan bahan – bahan alami di bandingkan dengan produk lain,

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPoerwanto, BambangNIDN0029106202
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 165 - Teknologi Pangan dan Gizi
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Amalia Zakyah
Date Deposited: 05 Jan 2022 02:24
Last Modified: 05 Jan 2022 02:25
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/9196

Actions (login required)

View Item View Item