Peran Show Management Dalam Kesuksesan Penyelenggaraan Event MUKERNAS IV ORGANDA Tahun 2025 Oleh GM PRODUCTION

Revanka Maulana Gustom, Revan (2025) Peran Show Management Dalam Kesuksesan Penyelenggaraan Event MUKERNAS IV ORGANDA Tahun 2025 Oleh GM PRODUCTION. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (167kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (126kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Industri MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) serta penyeleggaraan acara di Indonesia terus mengalami perkembangan yang signifikan seiring dengan meningkatnya kreativitas dan kebutuhan pasar. Keberhasilan suatu acara tidak hanya ditentukan oleh kualitas konsep dan konten, tetapi juga oleh koordinasi teknis yang terstruktur. Dalam konteks tersebut, peran show management menjadi sangat esensial sebagai tim yang bertanggung jawab mengordinasikan seluruh aspek teknis dan operasional secara tertata. Show management berperan untuk mengatur sinergi antara teknologi tata panggung meliputi sound system, multimedia, dan tata cahaya (lighting) dengan alur acara, kebutuhan klien. Kehadiran tim ini memungkinkan setiap divisi acara beroperasi secara presisi sehingga menghasilkan eksekusi acara yang efektif, efisien, dan berkualitas. Berdasarkan pengamatan awal selama masa magang, penulis menemukan bahwa tim show telah memiliki alur koordinasi dan pola kerja yang terbentuk kuat melalui pengalaman dalam menangani berbagai jenis acara. Namun, dalam praktik di lapangan, tim show masih sering dihadapkan pada beragam tantangan yang bersifat mendesak dan tidak terduga. Tantangan tersebut meliputi tekanan waktu yang sangat ketat, kebutuhan untuk melakukan penyesuaian cepat terhadap perubahan rundown maupun kebutuhan klien yang mendadak, serta dinamika koordinasi dengan berbagai tim teknis lainnya. Kondisi ini menunjukkan bahwa konsistensi dalam penerapan prosedur operasional tim show belum sepenuhnya optimal, terutama ketika harus beradaptasi dengan kompleksitas teknis dan ritme kerja tinggi yang menjadi karakteristik setiap event. Secara keseluruhan, Pengalaman magang ini memberikan pemahaman tentang bagaimana peran show management dalam persiapan acara, pasca acara, dan setelah acara dengan tujuan untuk mengoptimalkan kepuasan konsumen.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuhammad Farhan, FarhanNIDN0012039005
Uncontrolled Keywords: Show Management, Event, Mice
Subjects: 500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 520 - Ilmu Bahasa > 524 - Kearsipan
580 - Rumpun Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora > 590 - Ilmu Politik > 593 - Hubungan Internasional
580 - Rumpun Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora > 610 - Ilmu Sosial > 625 - Hubungan Masyarakat
580 - Rumpun Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora > 610 - Ilmu Sosial > 628 - Manajemen Komunikasi dan Media
Divisions: Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D4 Destinasi Pariwisata > PKL
Depositing User: Revanka Maulana Gustom
Date Deposited: 23 Dec 2025 06:20
Last Modified: 23 Dec 2025 06:20
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/48322

Actions (login required)

View Item View Item