Pelayanan Prima Front Office di Montigo Resort Nongsa Batam.

Rahmah, Nurul Hidayatur (2025) Pelayanan Prima Front Office di Montigo Resort Nongsa Batam. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan (1).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (75kB)
[img] Text (Bab1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan (1).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (251kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka (1).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (56kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap (1).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Politeknik Negeri Jember (Polije) adalah perguruan tinggi vokasi yang mengutamakan praktik dalam pembelajaran dengan komposisi 60% praktik dan 40% teori. Program magang menjadi bagian penting dari sistem pendidikan Polije, bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman langsung di dunia industri agar siap memasuki dunia kerja profesional. Magang ini berlangsung selama enam bulan dengan total 900 jam kerja, di mana mahasiswa dituntut untuk beradaptasi dan bekerja sesuai dengan standar industri. Penulis melaksanakan magang di Montigo Resorts Nongsa, Batam, di Departemen Front Office dengan berbagai tugas utama yang berhubungan langsung dengan tamu. Selama magang, penulis bertanggung jawab dalam proses check-in dan check-out tamu, menyambut tamu sebagai Lobby Greeter, menangani transportasi tamu sebagai Ferry Representative, serta menjadi Operator sebagai penanggung jawab semua pertanyaan tamu yang masuk pada whatsapp Montigo Resorts dan upselling layanan resort. Peran ini mengajarkan pentingnya komunikasi yang baik, koordinasi antar departemen, serta pelayanan yang ramah dan profesional untuk memastikan kenyamanan tamu. Pengalaman yang diperoleh selama magang memberikan wawasan tentang standar pelayanan resorts bintang lima serta keterampilan dalam menangani berbagai situasi yang berhubungan dengan tamu dari berbagai latar belakang. Saran dari penulis bagi mahasiswa yang ingin menjalani magang di Montigo Resorts Nongsa adalah memiliki keterampilan komunikasi yang baik, terutama dalam bahasa Inggris, serta mampu bekerja dalam lingkungan yang dinamis. Dengan kesiapan mental dan keterampilan yang baik, mahasiswa dapat lebih mudah beradaptasi dan mendapatkan manfaat maksimal dari program magang ini.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWicaksono, Julien AriefNIDN0725078901
Uncontrolled Keywords: Politeknik Negeri Jember (Polije), Perguruan tinggi vokasi, Program magang, Praktik dan teori, Departemen Front Office, Upselling layanan resort, Check-in dan check-out tamu, Komunikasi yang baik, Pelayanan ramah dan profesional, Keterampilan komunikasi bahasa Inggris, Adaptasi dan kesiapan mental, Manfaat magang.
Subjects: 500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 520 - Ilmu Bahasa > 521 - Ilmu Linguistik
500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 530 - Ilmu Bahasa Asing > 531 - Sastra (dan Bahasa) Inggris
620 - Rumpun Ilmu Humaniora > 613 - Humaniora
620 - Rumpun Ilmu Humaniora > 699 - Kepariwisataan
Divisions: Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D3 Bahasa Inggris > PKL
Depositing User: Nurul Hidayatur Rohmah
Date Deposited: 15 Dec 2025 01:05
Last Modified: 15 Dec 2025 01:05
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/47856

Actions (login required)

View Item View Item