Wirausaha Pengemasan Modern Produk Terasi Udang “Gureeh” Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi

Tamara, Ayu Viki (2025) Wirausaha Pengemasan Modern Produk Terasi Udang “Gureeh” Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan.pdf)
TA_Ayu Viki Tamara-9-10.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (176kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan.pdf)
TA_Ayu Viki Tamara-18-20.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (181kB)
[img] Text (Daftar Pustaka.pdf)
TA_Ayu Viki Tamara-63-64.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (178kB)
[img] Text (Laporan Lengkap.pdf)
TA_Ayu Viki Tamara.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Terasi udang adalah olahan bahan makanan yang berbahan baku dari udang. Usaha ini sudah ada dan cukup familier di masyarakat, hanya kemasan yang digunakan tidak dapat menjaga kualitas produk. Tujuan dari tugas akhir ini adalah melakukan proses pengemasan, menganalisis usaha terasi udang ”gureeh”, dan menerapkan bauran pemasaran pada usaha terasi udang ”gureeh”. Usaha pengemasan produk terasi dilakukan akhir ”Wirausaha Pengemasan Modern Produk Terasi Udang ”Gureeh” Di Kecamatan Muncar kabupaten Banyuwangi” dilakukan selama lima bulan yaitu dimulai pada bulan Agustus sampai Januari. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui pengumpulan data primer dan data sekunder. Proses produksi dilakukan sebanyak enam kali dengan memperkerjakan satu orang selama tiga jam, setiap satu kali proses produksi mampu menghasilkan 200 kemasan dengan harga jual Rp. 1.500,-/Kemasan dan mendapatkan laba bersih sebesar Rp. 47.302,91,-. Metode analisis yang digunakan yaitu BEP, R/C Ratio dan ROI. Hasil BEP (Produksi) sebesar 168,46 kemasan dengan total produksi sebanyak 200 kemasan, BEP (Harga) sebesar Rp. 1.263,48,-/Kemasan dengan harga jual Rp. 1.500,-/Kemasan, R/C Ratio sebesar 1,18 dan ROI sebesar 0,5% sehingga berdasarkan ketiga analisis usaha tersebut usaha Terasi Udang “Gureeh” menguntungkan dan layak diusahakan. Pemasaran produk Terasi Udang “Gureeh” menggunakan strategi pemasaran STP (Segmentation, Targetting, Positioning) dan bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion). Produk dipasarkan di daerah Kabupaten Banyuwangi. Saluran pemasaran yang digunakan yaitu saluran pemasaran langsung dan tidak langsung, serta promosi dilakukan secara personal selling dan iklan melalui media sosial seperti Instagram dan WhatsApp.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Pemasaran, Terasi Udang
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ayu Viki Tamara
Date Deposited: 18 Jul 2025 09:10
Last Modified: 18 Jul 2025 09:11
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/44058

Actions (login required)

View Item View Item