Haqi, Almas Rohid (2025) Analisis Usaha Kripik Talas Lumer Di Desa Taman Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (167kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (153kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (165kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
laporan ta sipora.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kripik talas lumer merupakan produk olahan kripik talas yang terbuat dari bahan�bahan seperti umbi talas, minyak goreng, coklat, garam, gula, air. Tujuan dari tugas akhir ini adalah melakukan proses produksi, menganalisis usaha kripik talas lumer dan melakukan bauran pemasaran pada usaha kripik talas lumer. Tugas akhir ini di lakukan selama 5 bulan, mulai dari tanggal 30 Agustus 2024 hingga tanggal 28 September 2024, di Desa Taman Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo. Metode pengumpulan data yang menggunkan data primer dan data sekunder. Proses produksi dilakukan sebanyak lima kali, dalam satu kali produksi menghasilkan 25 pcs dengan harga jual sebesar Rp 8.000/pcs, Analisis usaha menggunakan tiga metode, yaitu BEP (Break Even Point), R/C Ratio (Revenue Cost Ratio), dan ROI (Return On Investment). Hasil pehitungan BEP (produksi) sebesar Rp 21,86 pcs dengan total produksi sebanyak 25 per/pcs, sedangkan BEP (harga) 6.995,12 dengan harga jual Rp 8.000/pcs. Nilai R/C ratio sebesar 1,14, dan ROI 3,81%. Berdasarkan analisis usaha yang dilakukan produk krpik talas lumer menguntungkan dan layak untuk dijalankan. Produks kripik talas lumer ini dipasarkan di wilayah Desa Taman Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo, dengan saluran pemasaran menggukan pemasaran secara langsung. Promosi yang dilakukan yaitu personal selling atau menawarkan produk secara langsung ke konsumen serta melalui media sosial, seperti whasApp dan Instagram.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Usaha, Pemasaran, Kripik Talas | ||||||
Subjects: | 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran |
||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Almas Rohid Durrotul Haqi | ||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 02:30 | ||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 02:31 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/43880 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |