Analisis Usaha Kerupuk Nasi Di Desa Prajekan Kidul Kecamatan Prajekan Kabupaten Bondowsoso

Hak, Muhammad Syaiful (2025) Analisis Usaha Kerupuk Nasi Di Desa Prajekan Kidul Kecamatan Prajekan Kabupaten Bondowsoso. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (73kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (51kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (123kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kerupuk merupakan makanan ringan atau cemilan yang umumnya dinikmati sebagai pendorong selera makan atau hanya sebagai cemilan. Makanan ini populer di kalangan semua usia dan lapisan sosial masyarakat. Kerupuk dapat dengan mudah ditemukan diberbagai tempat banyak jenis kerupuk dibuat orang, mulai dari tepung beras, terigu, tapioka. Pelaksanaan tugas akhir ini dilakukan di Desa Prajekan Kidul Kecamatan Prajekan Kabupaten Bondowoso dengan melaksanakan proses produksi sebanyak 5 kali, pada tanggal 30 Juli 2024 sampai dengan 6 Februari 2025 dengan Jumlah bahan baku yang digunakan adalah 1 kg nasi yang menghasilkan 18 kemasan dan dijual dengan harga Rp 15.000 per kemasan. Proses produksi kerupuk nasi yaitu persiapan alat dan bahan, penghalusan bumbu, pembuatan adonan kerupuk nasi, pengukusan adonan, penghalusan adonan, pencetakan kerupuk nasi, penjemuran kerupuk nasi, penggorengan kerupuk nasi, pengemasan dan label produk. Analisis usaha yang dilakukan menggunakan metode perhitungan BEP, R/C Ratio, dan ROI. Hasil perhitungan BEP Hasil mencapai 11,19 kemasan dengan jumlah produksi 18 kemasan, dan BEP harga mencapai Rp 9.333,28/kemasan lebih kecil dengan harga jual yang ditetapkan yaitu mencapai Rp 15.000/kemasan. Hasil perhitungan R/C Ratio mencapai 1,6 dan hasil ROI mencapai 1,11% bisa dirumuskan bahwa usaha ini menguntungkan dan layak diusahakan. Berdasarkan usaha kerupuk nasi memiliki penerapan bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion). Produk berupa nasi yang diolah menjadi kerupuk nasi dengan bumbu rempah. Harga Rp 15.000 Per kemasan disesuaikan dengan biaya yang dikeluarkan. Tempat Pemasaran produk kerupuk nasi dengan menawarkan secara langsung ke konsumen. Sedangkan Promosi dilakukan menggunakan media sosial whatsapp, Instagram, dan Facebook.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHidayat, TaufikNIDN0002097407
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Kerupuk Nasi
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 560 - Ilmu Ekonomi > 562 - Akuntansi
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Syaiful Hak
Date Deposited: 10 Jul 2025 09:04
Last Modified: 10 Jul 2025 09:05
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/43392

Actions (login required)

View Item View Item