Uji Kinerja Dehumidifikasi Pengering Sistem Heat Pump Kompresi Uap Pada Variasi Suhu Udara

Sakdiya, Siti Arifatu (2024) Uji Kinerja Dehumidifikasi Pengering Sistem Heat Pump Kompresi Uap Pada Variasi Suhu Udara. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (189kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (316kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (303kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengeringan adalah salah satu metode tertua untuk memperpanjang masa simpan produk pangan. Kebanyakan masyarakat masih menggunakan teknik pengeringan konvensional yaitu pengeringan dengan menggunakan sinar matahari, dimana pengeringan ini bergantung dengan keadaan cuaca serta suhu yang tidak bisa diatur. Selain pengeringan dengan menggunakan sinar matahari bisa juga melakukan pengeringan menggunakan pengering buatan seperti oven, tetapi pengeringan dengan oven cenderung menggunakan suhu tinggi yang berdampak dapat menurunkan kualitas bahan yang dikeringkan. Beberapa produk atau bahan ada yang sensitif terhadap suhu tinggi sehingga kandungan gizi yang ada pada produk rentan rusak jika terkena suhu yang tinggi, untuk itu diperlukan pengeringan dengan suhu rendah dan kelembapan rendah yang dapat mencegah kerusakan kandungan gizi pada produk yang sensitif terhadap suhu tinggi. Berdasarkan permasalahan tersebut untuk mengatasi dampak negatif pengeringan dengan suhu tinggi dibuatlah mesin pengering sistem heat pump kompresi uap. Mesin pengering sistem dehumidifikasi sistem kompresi uap telah selesai dibuat, mesin ini terdiri dari dua bagian yaitu sistem dehumidifier dan sistem pengering. Mesin yang baru dibuat perlu dilakukan pengujian untuk mengetahui apakah mesin yang dibuat sudah sesuai dengan kriteria atau belum. Penulisan laporan tugas akhir ini bertujuan untuk menguji kinerja pengering sistem heat pump kompresi uap yang terbatas pada bagian dehumidifikasi meliputi kemampuan dalam menurunkan kelembapan mutlak, Coefficient Of Performance (COP), dan efisiensi pengering sistem heat pump kompresi uap. Metode yang digunakan dalam pengujian pengering sistem heat pump kompresi uap adalah pengamatan dan pengambilan data secara langsung. Variasi suhu diperoleh dengan melakukan pengujian pada waktu yang berbeda yaitu pagi dan siang hari. Kegiatan pengujian ini dilakukan di Laboratorium Alat Mesin Pertanian, Jurusan Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, pada bulan Mei-Juni 2024. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan pada pengering sistem heat pump kompresi uap dapat disimpulkan bahwa rata-rata penurunan kelembapan mutlak pengujian pagi hari sebesar 2,2 gr H2O/kgUK, sedangkan pengujian siang hari sebesar 6 gr H2O/kgUK. Rata-rata coefficient of performance (COP) komponen dehumidifikasi pengering sistem heat pump kompresi uap pengujian pagi hari untuk COP aktual sebesar 5,8 dan COP carnot sebesar 9,3, sedangkan pengujian siang hari untuk COP aktual sebesar 4,2 dan COP carnot sebesar 6,8. Rata-rata efisiensi komponen dehumidifikasi pengering sistem heat pump kompresi uap pengujian pagi hari sebesar 62,3%, sedangkan pengujian siang hari sebesar 62,5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIswahyono, IswahyonoNIDN0010116405
Uncontrolled Keywords: Pengeringan dehumidifikasi sistem heat pump kompresi uap
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 166 - Teknologi Pasca Panen
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 432 - Teknik Produksi (dan Atau Manufakturing)
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 438 - Teknik Refrigerasi
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 442 - Teknik Fisika
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 451 - Teknik Elektro
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > Tugas Akhir
Depositing User: Siti Arifatu Sakdiya
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:16
Last Modified: 23 Jul 2024 04:17
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34864

Actions (login required)

View Item View Item