Wahyuni, Sri (2024) Manajemen Pasca Panen Dan Pemasaran Kopi Arabika (Coffea Arabica) Di PT Sinar Mayang Lestari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. [Experiment] (Unpublished)
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (251kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (Full Text)
D31211923_Laporan Lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (219kB) |
Abstract
PT. Sinar Mayang Lestari atau Malabar Mountain Coffee adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang budidaya tanaman kopi, pengolahan biji kopi hingga pemasaran, dan membina kemampuan di bidang sumber daya manusia untuk mendukung proses produksi dari hulu hingga hilir. Komoditi yang dibudidayakan PT. Sinar Mayang Lestari yaitu kopi arabika. PT Sinar Mayang Lestari menghasilkan produk olahan kopi yaitu kopi arabika green beans, roasted beans, bubuk kopi dan berbagai minuman siap saji berbahan dasar kopi. Pengolahan atau pasca panen kopi adalah tahap penting yang menentukan cita rasa dan kualitas akhir biji kopi, PT Sinar Mayang Lestari melakukan 3 pengolahan utama yaitu fully wash process, natural process, dan honey process. Penanganan pasca panen yang dilakukan oleh PT Sinar Mayang Lestari meliputi pemanenan buah kopi, sortasi buah, pengupasan kulit buah, fermentasi, pencucian, penjemuran, pengupasan kulit tanduk, sortasi, standarisasi mutu, pengemasan dan penyimpanan. Ceri kopi yang telah diolah akan didistribusikan ke cafe milik PT. Sinar Mayang Lestari, yaitu Malabar Mountain Cafe, yang menjual kopi dalam bentuk green bean, roast bean, dan kopi siap saji. Pemasaran memiliki peran yang sangat penting dalam bidang usaha dan bisnis. Untuk mencapai hasil pemasaran yang optimal, proses pemasaran harus direncanakan dengan strategi yang baikPenerapan strategi pemasaran STP menempatkan segmentasi pada dua pasar, yakni produk green beans dan roasted beans dengan target pasar para pemilik coffee shop dan penikmat kopi rumahan. PT Sinar Mayang Lestari memposisikan produk kopi specialty sebagai produk unggulan mereka. Adapun dalam melakukan aktivitas penjualan, perusahaan menerapkan bauran pemasaran 7P yang meliputi product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pasca Panen Dan Pemasaran Kopi Arabika (Coffea Arabica) Di PT Sinar Mayang Lestari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL | ||||||
Depositing User: | Sri Wahyuni | ||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2024 07:33 | ||||||
Last Modified: | 18 Jul 2024 07:35 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34258 |
Actions (login required)
View Item |