Pratiwi, Dini Ayu (2024) Saluran Distribusi Penjualan Pada Modern Trade Channel Di UD Andatu Mulia Distributor Resmi PT Nestle Jember. [Experiment] (Unpublished)
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (8kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (118kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (4kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Magang merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Politeknik Negeri Jember sebagai syarat kelulusan yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa. Kegiatan magang tersebut merupakan contoh penerapan pada dunia kerja yang sebenarnya. Magang tersebut dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa, mengembangkan pengetahuan dan penerapannya mengenai etika pekerjaan, serta mendapatkan kesempatan dalam menerapkan ilmu pengetahuan atau teori-teori yang telah diajarkan pada perkulihan. Distributor merupakan perantara dalam pendistribusian barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Kegiatan tersebut dilakukan perusahaan untuk menjual produk yang diproduksi supaya tidak ada produk yang tertahan digudang. UD Andatu Mulia adalah pihak distributor dari produk Nestle Indonesia yang menjadi lokasi magang oleh mahasiswa Politeknik Negeri Jember. Saluran distribusi di UD Andatu Mulia ada tiga saluran yaitu Modern Trade Channel, General Trade Channel, dan Alternative Trade Channel. Ketiga saluran tersebut memiliki segmen pasar yang berbeda sesuai pembagian dari pihak perusahaan. Modern Trade Channel merupakan saluran distribusi yang mengcover minimarket dan supermarket. Modern Trade Channel memiliki peran penting bagi perusahaan terutama dalam pencapaian target setiap bulannya dimana memiliki cakupan pasar yang luas dan memiliki pendapatan terbesar pertama dibandingkan channel lainnya. Selain itu, Modern Trade Channel mengutamakan menjalin hubungan atau relasi yang baik dengan pelanggan untuk mempermudah komunikasi dan penawaran produk sesuai minat konsumen di masing-masing wilayah. Hasil laporan magang menunjukkan pada proses pendistribusian produk Nestle Modern Trade Channel ditemukan beberapa permasalahan. Permasalahan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yang terdiri dari permasalahan pada lingkungan, yaitu gangguan sinyal dan harga dari kompetitor yang lebih murah. Pada manusia, kurangnya SDM atau pekerja pada salesman Modern Trade Channel dan salesman kurang disiplin saat menghadiri DSOR. Kemudian, pada mesin alat HHT salesman kurang memadai.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Modern Trade Channel, Ditributor | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri |
||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL | ||||||
Depositing User: | Dini Ayu Pratiwi | ||||||
Date Deposited: | 20 May 2024 02:00 | ||||||
Last Modified: | 20 May 2024 02:00 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31950 |
Actions (login required)
View Item |