Mekanisme Penagihan Piutang Penjualan Kepada Customer PT Ciomas Adisatwa Sidoarjo

Darmawan, Danni (2024) Mekanisme Penagihan Piutang Penjualan Kepada Customer PT Ciomas Adisatwa Sidoarjo. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (237kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version

Download (174kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (85kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Magang.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Politeknik Negeri Jember adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang fokus pada pendidikan vokasional. Program magang merupakan bagian integral dari kurikulum Politeknik Negeri Jember dan merupakan syarat kelulusan bagi mahasiswa yang dilaksanakan pada awal semester 7 (tujuh). Tujuan laporan ini yakni sebagai sumber pengetahuan mengenai dokumen – dokumen yang diperlukan pada saat melakukan penagihan piutang, menjelaskan mekanisme penagihan piutang, dan mengidentifikasi permasalahan dalam proses penagihan piutang dan memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi. Mekanisme penagihan piutang yang sudah dilakukan selama ini tidak luput terhadap kesalahan prosedurnya. Masalah yang sering terjadi dalam proses penagihan piutang kepada customer adalah masalah kurangnya dokumen yang ada pada dalam rangkaian berkas tagihan, terdapat kesalahan pelampiran dokumen yang bukan seharusnya, dan kesalahan penulisan nominal harga satuan yang ada pada faktur pembelian, penyebabnya yakni kelalaian admin pada saat input data atau kelalaian sales memberikan informasi kepada admin dengan nominal yang berbeda dengan yang diberikan kepada customer. Saran dari permasalahan tersebut yakni sebaiknya pihak perusahaan menambah staf untuk melakukan controlling terhadap dokumen faktur yang sudah dikeluarkan. Masalah seperti kurangnya dokumen yang ada pada dalam rangkaian berkas tagihan, lalu terdapat kesalahan pelampiran dokumen yang bukan seharusnya, merupakan masalah yang timbul akibat ketidak telitian dalam bekerja dan staf tergesa – gesa dalam mengerjakan dikarenakan terlalu banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKurniawati, DewiNIDN0013017904
Uncontrolled Keywords: Mekanisme Penagihan Piutang, PT Ciomas Adisatwa Sidoarjo
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Danni Darmawan
Date Deposited: 16 May 2024 08:05
Last Modified: 16 May 2024 08:06
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31840

Actions (login required)

View Item View Item