Analisis Usaha Permen Jelly Nanas dengan Menggunakan Sari Buah Nanas Kelud di Kabupaten Kediri

Zuliana, Ela Oktafia (2023) Analisis Usaha Permen Jelly Nanas dengan Menggunakan Sari Buah Nanas Kelud di Kabupaten Kediri. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (292kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (296kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (392kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permen jelly dengan perpaduan rasa antara sari buah nanas kelud dengan pencampuran bubuk gelatin ini memiliki rasa khas tersendiri yang menjadikan penasaran para konsumen terhadap inovasi produk ini. Perpaduan rasa yang manis dan asam dengan tekstur yang kenyal di luar dan lembut di dalam menjadikan permen ini mampu menarik minat masyarakat tidak segan untuk mencicipinya. Proses produksi permen jelly nanas dilakukan 7 tahapan yakni persiapan alat dan bahan, pembuatan sari nanas kelud, pencampuran adonan, perebusan adonan, penuangan dan pendinginan, pemotongan dan pengeringan adonan, pengemasan dan pelabelan. Tujuan pelaksanaan tugas akhir ini yaitu untuk melakukan proses produksi, menganalisis usaha dan melakukan pemasaran produk. Pelaksanaan tugas akhir ini bertempat di Desa Gempolan Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri dan berlangsung selama 4 bulan. Metode analisis yang digunakan yaitu Break Event Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C Ratio) dan Return On Investmen (ROI). Hasil produksi “Pernas” dalam satu kali proses produksi memperoleh 10 kemasan dengan isi dalam setiap kemasan 10 butir “Pernas” dan dijual dengan harga Rp.8.500 per kemasan. Proses pemasaran produk “Pernas” menggunakan metode personal selling dengan cara menawarkan produk secara langsung kepada konsumen dan promosi melalui media sosial dengan memperkenalkan produk melalui unggahan di WhatsApp dan Instagram. Hasil perhitungan analisis usaha menghasilkan BEP (Produksi) 6,14 kemasan dari total produksi sebanyak 10 kemasan dan BEP (Harga) Rp.5.218 per kemasan dengan harga jual produk Rp.8.500 per kemasan, R/C Ratio sebesar 1,63 dan ROI sebesar 5,75%. Berdasarkan hasil analisis maka produk “Pernas” layak diusahakan. Adapula rencana pengembangan produk “Pernas” yaitu mengubah bentuk “Pernas” dari bentuk kotak-kotak menjadi bentuk beraneka ragam buah salah satunya buah nanas, menambah jumlah produksi, menambah pilihan ukuran kemasan, mengubah kemasan dari kemasan plastik madumongso menjadi kertas penyerap minyak dan memperluas jangkauan pemasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKrismiratsih, FitriNIP199403122022032016
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Permen, Jelly, Buah Nanas
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 162 - Teknologi Hasil Pertanian
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis (Kampus Nganjuk) > Tugas Akhir
Depositing User: Ela Oktafia Zuliana
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:25
Last Modified: 21 Feb 2024 01:26
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30678

Actions (login required)

View Item View Item