Anggraini, Desi (2019) Strategi Pemasaran Benih Padi (Oryza Sativa) Pada Ud.Primasari Tani, Jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Abstrak)
7. ABSTRAK.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (87kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
15. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (106kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (151kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
30. D41150093_SKRIPSI LENGKAP.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
UD.Primasari Tani merupakan usaha bisnis yang bergerak dibidang pengolahan benih padi. Pemasaran produk yang diterapkan oleh UD.Primasari masih sederhana tanpa mempertimbangkan aspek-aspek bauran pemasaran yang berkaitan dengan produk, sehingga menyebabkan penjualan produk dan permintaan konsumen cenderung fluktuatif. Selain itu, banyaknya perusahaan sejenis yang membuat UD.Primasari Tani kesulitan dalam memasarkan produknya, sehingga diperlukan strategi pemasaran untuk dapat bertahan ditengah persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk memasarkan poduk benih padi varietas logawa yang diproduksi oleh UD.Primasari Tani ditengah persaingan yang semakin ketat. Metode pengolahan data dan anlisis data yang digunakan yaitu analisis SWOT dan metode pilihan pakar yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP) guna untuk menentukan strategi yang menjadi prioritas dari alternatif strategi yang dihasilakn dari analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis IFE diperoleh skor sebesar 2,67 dan EFE diperoleh skor sebesar 2,44 serta berdasarkan matriks IE perusahaan berada pada kuadran 5 yaitu pada posisi jaga dan pertahankan. Berdasarkan matriks SWOT terdapat enam strategi yaitu: (1) Meningkatkan kapasitas produksi, (2) Mempertahankan keunggulan benih padi, (3) Membina hubungan baik dengan mitra penyedia bahan baku maupun dengan konsumen serta memberikan penawaran harga yang lebih rendah, (4) Memaksimalkan kegiatan promosi dengan memanfaatkan teknologi informasi, (5) Melakukan perekrutan tenaga pemasaran, (6) Memperluas wilayah distribusi. Strategi prioritas berdasarkan hasil AHP adalah melakukan perekrutan tenaga bagian pemasaran. Kata kunci: Strategi Pemasaran, SWOT, AHP
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 181 - Sosial Ekonomi Pertanian | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Riza Nuraini Octavia | ||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2022 04:33 | ||||||
Last Modified: | 03 Aug 2022 04:34 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14278 |
Actions (login required)
View Item |