Analisis Efisiensi Pemasaran Ikan Nila Gesit(Oreochromis Niloticus)Didesa Rambigundam Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember

Wihyawari, Demianus (2015) Analisis Efisiensi Pemasaran Ikan Nila Gesit(Oreochromis Niloticus)Didesa Rambigundam Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
7. ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (182kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
14. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (129kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (125kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN TA LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran ikan nila gesit tujuan yang diperoleh dari penelitian tugas akhir ini adalah: Untuk mengetahui lembaga pemasaran ikan nila di Kecamatan rambi gundam Kabupaten Jember untuk mengetahui tingkat efisiensi pemasaran dari segi margin pemasaran, farmer’s share, ratio keuntungan dan biaya.Kegiatan penelitian ini dilakukan selama (November 2014 - Februari 2015) 4 bulan dan pengambilan data primer dan sekunder dilakukan di Balai Benih Ikan (BBI) Rambigundam. penelitian secara kuantitatif, Parameter margin pemasaran, farmer’s share, ratio keuntungan dan efisiensi pemasaran. Responden termasuk 20 petani, lima pedagang, 10 pedagang pengumpul dan 10 pedagang keliling. Data primer dan sekunder dikumpulkan untuk penelitian ini. Analisis data menggunakan share petani, biaya pemasaran, rasio keuntungan dan bagian laba dari masing-masing saluran pemasaran. Hasil dari peneitian menunjukkan bahwa ada tiga saluran pemasaran I: Produsen (peternak) → Pedagang → pedagang pengumpul → pedagang pengecer →pedagang keliling →konsumen, II: Produsen (petani) → Pedagang pengumpul→ pedagang pengecer → Konsumen, III: Produsen (petani) → konsumen. Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran pola III berdasarkan kriteria sebagai berikut: Rp1000dari margin pemasaran, 95% dari pangsa keuntungan dan 81% dari laba 19% sher rasio dan berbagi biaya. Kata kunci : Efisiensi pemasaran, ikan nila gesit

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHidayat, TaufikNIDN0419058707
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > Tugas Akhir
Depositing User: Amalia Zakyah
Date Deposited: 25 Jan 2022 00:29
Last Modified: 25 Jan 2022 00:29
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/9934

Actions (login required)

View Item View Item