Revanka Maulana Gustom, Revan (2025) Peran Show Management Dalam Kesuksesan Penyelenggaraan Event MUKERNAS IV ORGANDA Tahun 2025 Oleh GM PRODUCTION. [Experiment] (Unpublished)
|
Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (86kB) |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (167kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (126kB) |
|
|
Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Industri MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) serta penyeleggaraan acara di Indonesia terus mengalami perkembangan yang signifikan seiring dengan meningkatnya kreativitas dan kebutuhan pasar. Keberhasilan suatu acara tidak hanya ditentukan oleh kualitas konsep dan konten, tetapi juga oleh koordinasi teknis yang terstruktur. Dalam konteks tersebut, peran show management menjadi sangat esensial sebagai tim yang bertanggung jawab mengordinasikan seluruh aspek teknis dan operasional secara tertata. Show management berperan untuk mengatur sinergi antara teknologi tata panggung meliputi sound system, multimedia, dan tata cahaya (lighting) dengan alur acara, kebutuhan klien. Kehadiran tim ini memungkinkan setiap divisi acara beroperasi secara presisi sehingga menghasilkan eksekusi acara yang efektif, efisien, dan berkualitas. Berdasarkan pengamatan awal selama masa magang, penulis menemukan bahwa tim show telah memiliki alur koordinasi dan pola kerja yang terbentuk kuat melalui pengalaman dalam menangani berbagai jenis acara. Namun, dalam praktik di lapangan, tim show masih sering dihadapkan pada beragam tantangan yang bersifat mendesak dan tidak terduga. Tantangan tersebut meliputi tekanan waktu yang sangat ketat, kebutuhan untuk melakukan penyesuaian cepat terhadap perubahan rundown maupun kebutuhan klien yang mendadak, serta dinamika koordinasi dengan berbagai tim teknis lainnya. Kondisi ini menunjukkan bahwa konsistensi dalam penerapan prosedur operasional tim show belum sepenuhnya optimal, terutama ketika harus beradaptasi dengan kompleksitas teknis dan ritme kerja tinggi yang menjadi karakteristik setiap event. Secara keseluruhan, Pengalaman magang ini memberikan pemahaman tentang bagaimana peran show management dalam persiapan acara, pasca acara, dan setelah acara dengan tujuan untuk mengoptimalkan kepuasan konsumen.
| Item Type: | Experiment | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||
| Uncontrolled Keywords: | Show Management, Event, Mice | ||||||
| Subjects: | 500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 520 - Ilmu Bahasa > 524 - Kearsipan 580 - Rumpun Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora > 590 - Ilmu Politik > 593 - Hubungan Internasional 580 - Rumpun Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora > 610 - Ilmu Sosial > 625 - Hubungan Masyarakat 580 - Rumpun Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora > 610 - Ilmu Sosial > 628 - Manajemen Komunikasi dan Media |
||||||
| Divisions: | Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D4 Destinasi Pariwisata > PKL | ||||||
| Depositing User: | Revanka Maulana Gustom | ||||||
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 06:20 | ||||||
| Last Modified: | 23 Dec 2025 06:20 | ||||||
| URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/48322 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
