Pengaruh Lama Fermentasi Terhadap Krakteristik Fisik, Kimia Dan Organoleptik Yoghurt Dengan Penambahan Tepung Labu Kuning (Cucurbita moschata)

Handayani, Fitriya Dwi (2024) Pengaruh Lama Fermentasi Terhadap Krakteristik Fisik, Kimia Dan Organoleptik Yoghurt Dengan Penambahan Tepung Labu Kuning (Cucurbita moschata). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan Fitri.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (325kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan Fitri (1).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (584kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Fitri.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap Fitri.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Sumber daya alam yang tersedia di indonesia yaitu sumber daya alam hewani dan nabati. Sumber daya alam hewani merupakan segala sesuatu yang dihasilkan oleh hewan dan dapat bermanfaat bagi manusia. Sumber daya alam hewani dapat diperbaharui melalui kegiatan peternakan, pelestarian, perikanan, dan sebagainya. Salah satu sumber daya alam hewani yang dihasilkan dari kegiatan peternakan yait susu. Susu bisa diolah menjadi berbagai macam produk, salah satunya yaitu yoghurt Yoghurt terbuat dari susu yang difermentasi dengan bantuan bakteri asam laktat (BAL) seperti Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus. Labu kuning atau biasa dikenal dengan nama waluh (Cucurbita moschata), termasuk dalam komoditas pangan yang pemanfaatannya masih sangat terbatas, padahal potensi gizinya sangat bergizi dan tentunya berguna bagi kesehatan (Gumolung, 2017), peneliti terpikirkan untuk mengolah keduanya menjadi yoghurt tepung labu kuning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penambahan Tepung Labu Kuning Terhadap Kadar Protein, Total Padatan Terlarut, dan Penerimaan Yoghurt Sinbiotik Tepung Labu Kuning. Pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dua faktorial yaitu lama fermentasi dan konsentrasi tepung labu kuning yang terdiri dari 9 perlakuan dengan 3 kali ulangan. Perlakuan tersebut adalah : F1 dengan lama fermentasi 18 jam, F2 20 jam, F3 22 jam. Dan K0 konsentrasi 0 %, K1 4% dan K2 8%. Sehingga diperoleh kombinasi perlakuan K0F1, K0F2, K0F3, K1F1, K1F2, K1F3, K2F1, K2F2 dan K2F3. Parameter pengamatan yang dilakukan yaitu sebagai berikut : kadar protein metode kjeldahl, total padatan terlarut dan uji sensoris dengan metode uji mutu hedonik. Berdasarkan pengujian-pengujian yang dilakukan pada penelitian yoghurt tepung labu kuning, maka dilakukan analisis sidik ragam atau Two ways ANOVA (analysis of variant) pada taraf signifikan 5% untuk mengetahui apakah perlakuan memberikan pengaruh nyata atau tidak terhadap pengujian-pengujian yang dilakukan. Apabila terdapat pengarh nyata maka data dilanjutkan dengan uji pembeda menggunakan uji Tukey. Hasil penelitian yoghurt tepung labu kuning memberikan pengaruh berbeda nyata terhadap kadar protein dan mutu hedonik sedangkan total padatan terlarut tidak berbeda nyata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBakri, AbiNIDN0012126209
Uncontrolled Keywords: Pengaruh lama Fermentasi dan Penambahan Tepung Labu Kuning Pada Yoghurt
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 165 - Teknologi Pangan dan Gizi
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Fitriya Dwi Handayani
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:28
Last Modified: 02 Aug 2024 01:28
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35873

Actions (login required)

View Item View Item