Analisis Usaha Dimsum Tongkol (Ditol) Mentai di Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek

Wulandari, Suci (2023) Analisis Usaha Dimsum Tongkol (Ditol) Mentai di Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (81kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (138kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dimsum Tongkol (Ditol) Mentai merupakan modifikasi olahan dimsum dengan diversifikasi bahan baku utama berupa daging ayam menjadi daging ikan tongkol serta tambahan saus mentai yang dapat menambah cita rasa hidangan ini sendiri. Olahan produk ini dapat menambah variasi produk serta nilai ekonomis dari ikan tongkol sendiri dengan menyesuaikan minat kalangan muda tanpa menghilangkan beragam manfaat yang dimiliki ikan tongkol. Usaha ini memiliki peluang pasar yang cukup luas di Kecamatan Munjungan, dikarenakan belum ditemukannya olahan serupa dengan bahan baku ikan tongkol yang terdapat di Kecamatan Munjungan. Pelaksanaan tugas akhir ini dilakukan secara mandiri selama 4 bulanlamanya dimulai pada bulan September hingga Desember tahun 2023. Tempat pelaksanaan tugas akhir ini terletak di Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek. Dalam pelaksanaan tugas akhir ini penulis melaksanakan proses produksi hingga pemasaran Dimsum Tongkol (Ditol) Mentai, menganalisis kelayakan usaha ini untuk dijalankan dengan mengguankan metode analsisis Break Event Point ( BEP), Revenue Cost Ratio (R/C), dan Return of Investment (ROI), serta mengetahui seberapa efektif pemasaran produk ini jika menggunakan platform e-commerce WhatsApp dan Instagram. Hasil produksi Dimsum Tongkol Mentai dalam satu kali proses produksi mencapai 20 kemasan yang dipasarkan dengan harga Rp 10.000 per kemasannya. Pada produksinya Dimsum Tongkol Mentai ini dipromosikan dan dipasarkan melalui media sosial WhatsApp dan Instagram, serta secara langsung dari mulut ke mulut. Pemasaran melalui media sosial terbukti lebih efektif karena konsumen dapat memesan produk sebelum produksi dilakukan atau pre-order sehingga penjualan produk lebih terjaminn Hasil analisis usaha Dimsum Tongkol Mentai membuktikan bahwa usaha ini layak untuk diusahakan dengan nilai perhitungan BEP Produk sebesar 12 produk dari total produk pada tiap produksi sejumlah 20 produk, nilai BEP Harga sebesar Rp 5.998 dengan harga jual yang ditetapkan sebesar Rp 10.000, nilai perhitungan R/C Ratio yang lebih dari 1 yaitu 1,67 dan nilai perhitungan ROI sebesar 15,16%

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSaputra, Geri BarnasNIP19880104202103101
Uncontrolled Keywords: Ikan Tongkol, Dimsum Mentai, Analisis Usaha, Trenggalek, Pemasaran, Perikanan
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 230 - Ilmu Perikanan > 232 - Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 230 - Ilmu Perikanan > 234 - Pengolahan Hasil Perikanan
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis (Kampus Nganjuk) > Tugas Akhir
Depositing User: Suci Wulandari
Date Deposited: 30 Jan 2024 01:24
Last Modified: 30 Jan 2024 01:26
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30150

Actions (login required)

View Item View Item