Analisis Pengolahan Limbah Cair Secara Fisika, Kimia dan Biologi di PT. Alaska Food Industry Surabaya

Pangestu, Danar Pujo (2022) Analisis Pengolahan Limbah Cair Secara Fisika, Kimia dan Biologi di PT. Alaska Food Industry Surabaya. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN LAPORAN MAGANG.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 LAPORAN MAGANG.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (18kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS LAPORAN MAGANG.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (219kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
LAPORAN LENGKAP-1-76.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi dan inovasi di era globalisasi, salah satu yang mengalami perkembangan pesat adalah industri pangan. PT. Alaska Food Industry merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pangan, yaitu menghasilkan produk es krim dengan berbagai varian dan rasa. Namun selain menghasilkan produk dengan kualitas mutu yang baik, PT. Alaska Food Industry juga mampu mengolah limbahnya dengan baik. Limbah PT. Alaska food industry ada dua macam yaitu limbah padat dan limbah cair. Penulis dalam hal ini akan berfokus kepada sistem pengolahan limbah cair yang dilaksanakan oleh PT. Alaska food industry. Pengolahan limbah cair perlu dilakukan sebelum limbah tersebut dapat dibuang ke lingkungan, sehingga tidak mencemari lingkungan. Tujuan pengolahan limbah cair adalah untuk mengurangi kadar BOD dan COD, partikel tercampur, serta membunuh organisme patogen. Selain itu, pengolahan limbah cair juga bertujuan untuk menghilangkan bahan nutrisi, komponen beracun serta bahan yang tidak dapat diuraikan. Dalam penanganan limbah cair, banyak cara dan metode yang dapat dilakukan untuk dapat mengolah limbah cairnya dengan baik. PT. Alaska Food Industry menggunakan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), yaitu instalasi yang dirancang khusus untuk mengolah air limbah hasil Kegiatan Industri. Proses fisika, kimia dan biologi diterapkan pada IPAL tersebut. Tulisan ini bertujuan untuk mengulas proses proses tersebut pada IPAL PT. Alaska Food Industry. Metode yang digunakan dalam menganalisis proses pengolahan limbah cair yaitu observasional dengan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dari hasil pengamatan secara langsung di lapangan. v Pengolahan secara fisika, kimia, dan biologi digunakan dalam proses pengolahan limbah cair yang dilakukan oleh PT. Alaska Food Industry. Berdasarkan hasil pengamatan didapatkan proses fisika yang digunakan dalam pengolahan limbah cair PT. Alaska Food Industry yaitu filtrasi media serabut kelapa, filtasi mesin filter press, penyaringan (screening) dan aerasi. Proses kimia yang digunakan yaitu koagulasi dan flokulasi. Proses biologi yang digunakan yaitu biofilter aerob dan biofilter anaerob.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorYudiastuti, Silvia Oktavia NurNIDN0030108403
Uncontrolled Keywords: limbah cair, fisika, kimia dan biologi
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 162 - Teknologi Hasil Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 165 - Teknologi Pangan dan Gizi
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pangan > PKL
Depositing User: Danar Pujo Pangestu
Date Deposited: 11 Aug 2023 01:10
Last Modified: 11 Aug 2023 01:11
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27857

Actions (login required)

View Item View Item