Efektivitas Insektisida Asap Cair Pelepah Dan Tekelapa Dalam Mengendalikan Hama Belalhijau (Oxya chinensis) Pada Tanaman Padi

Putri, Nuril Alifia (2023) Efektivitas Insektisida Asap Cair Pelepah Dan Tekelapa Dalam Mengendalikan Hama Belalhijau (Oxya chinensis) Pada Tanaman Padi. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (359kB)
[img] Text (BAB 1 Pendaahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (693kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kerugian pada tanaman padi di Indonesia salah satunya disebabkan oleh serangan belalang yang mampu memakan 30-50% dari berat tubuhnya. Alternatif pengendalian hama secara alami bisa menggunakan insektisida alami berupa asap cair. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas insektisida asap cair pelepah dan tempurung kelapa terhadap hama Oxya chinensis. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Perlindungan Tanaman dan di lahan Politeknik Negeri Jember. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 rancangan. Rancangan yang pertama, rancangan penelitian laboratorium menggunakan metode celup pakan. Rancangan kedua merupakan rancangan penelitian lapang. Rancangan ini dilaksanakan dengan membandingkan dua lahan. Lahan pertama diberi perlakuan insektisida asap cair pelepah dan tempurung kelapa dengan konsentrasi 20%. Lahan kedua, perlakuan yang diberikan adalah insektisida sintetik berbahan aktif sipermetrin konsentrasi 2 ml/liter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan insektisida asap cair pelepah dan tempurung kelapa menghasilkan pengaruh yang berbeda nyata pada semua variabel pengamatan. Populasi belalang hijau (Oxya chinensis) pada perlakuan insektisida asap cair dan sipermetrin berbeda nyata pada pengamatan 45-66 HST. Intensitas serangan hama belalang hijau (Oxya chinensis) pada perlakuan insektisida asap cair berbeda nyata lebih tinggi pada pengamatan 45-66 HST dibandingkan perlakuan sipermetrin. Hasil berat gabah kering sawah (GKS) dan berat tajuk tanaman berbeda nyata pada perlakuan insektisida asap cair lebih rendah dibandingkan perlakuan sipermetrin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorUtami, Christa DyahNIDN0071028905
Uncontrolled Keywords: Padi, Oxya chinensis, Asap Cair
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 162 - Teknologi Hasil Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Nuril Alifia Putri
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:46
Last Modified: 28 Jul 2023 02:46
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26391

Actions (login required)

View Item View Item