Kualitas Mutu Bahan Baku Pada Proses Pengalengan Ikan Lemuru (Sardinella sp.) Media Minyak di CV. Pasific Harvest Banyuwangi

Nabilla, Exshi (2022) Kualitas Mutu Bahan Baku Pada Proses Pengalengan Ikan Lemuru (Sardinella sp.) Media Minyak di CV. Pasific Harvest Banyuwangi. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Laporan Magang_Exshi Nabilla_TRP19-1-2 (1)-6.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (127kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Laporan Magang_Exshi Nabilla_TRP19-1-2 (1)-13-17.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (391kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Laporan Magang_Exshi Nabilla_TRP19-1-2 (1)-51.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (227kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Magang_Exshi Nabilla_TRP19-1-2 (1)-1-51.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

CV. Pasific Harvest merupakan perusahaan yang bergerak di industri pangan dengan produk ikan lemuru, salah satu produk utama yang dihasilkan oleh CV. Pasific Harvest adalah merek Asahi. Pengalengan ikan merupakan suatu metode pengawetan ikan yang dikemas secara hermetis (kedap udara, air, mikroba dan benda asing lainnya) serta disterilkan. Pengalengan secara hermetis bertujuan agar makanan dapat terhindar dari kebusukan, perubahan kadar air, kerusakan karena oksidasi, atau perubahan cita rasa. Sedangkan, pada sterilisasi merupakan proses pemanasan kaleng dengan isinya pada suhu dan waktu tertentu yang bertujuan untuk menghilangkan atau mengurangi faktor-faktor penyebab kerusakan makanan terutama bakteri pathogen (Clostridium Botulinum) pada suhu 121℃ menggunakan retort. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengendalian mutu bahan baku yang akan digunakan pada proses pengalengan ikan lemuru serta proses pengalengan ikan lemuru yang dilakukan oleh CV. Pasific Harvest dengan menerapkan pengawasan dan pengendalian mutu yang tepat pada setiap tahapan proses. Pengendalian dan pengawasan mutu merupakan bagian terpenting dalam pengolahan produk dalam suatu industri, karena dengan adanya pengendalian mutu ini akan mengurangi resiko kontaminasi pada produk. CV. Pasific Harvest menerapkan sistem pengendalian dan pengawasan mutu pada setiap proses produksi untuk memastikan kualitas produk yang akan dihasilkan. Pengujian yang dilakukan meliputi fisik seperti uji organoleptik serta kimia seperti uji histamin. Pengujian dan pengecekan ini dilakukan oleh bagian Quality Control. Setiap sampel ikan yang diambil dari supplier yang berbeda akan diuji oleh pihak QC untuk melihat kelayakan bahan baku ikan yang akan diproses. Pihak perusahan akan tetap memastikan bahwa proses yang dilakukan yang dimulai dari penerimaan bahan baku hingga evaluasi produk akhir menerapkan sistem keamanan dan pengendalian mutu pangan. Setiap bahan yang digunakan terlebih dahulu untuk diuji oleh tim Quality Control sehingga bahan baku dapat dipastikan layak untuk diproses selanjutnya. Selain pengujian internal pihak perusahaan juga melakukan pengujian secara eksternal untuk uji yang sekiranya belum dapat dilakukan di laboratorium perusahaan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKurniawati, EllyNIDN0028097302
Uncontrolled Keywords: Mutu, Kaleng, CV. Pasific Harvest Banyuwang, Banyuwangi
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 162 - Teknologi Hasil Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 166 - Teknologi Pasca Panen
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 432 - Teknik Produksi (dan Atau Manufakturing)
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pangan > PKL
Depositing User: Exshi Nabilla
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:07
Last Modified: 14 Jun 2023 03:08
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24030

Actions (login required)

View Item View Item