Aplikasi Quality Function Deployment (QFD) pada peningkatan kualitas produk roti tawar “Studi kasus pada UPT Makanan dan Minuman SIP Politeknik Negeri Jember

Azhary, Fakhrizal (2019) Aplikasi Quality Function Deployment (QFD) pada peningkatan kualitas produk roti tawar “Studi kasus pada UPT Makanan dan Minuman SIP Politeknik Negeri Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
7. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (192kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (197kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (201kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
20. B32160384 LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Roti tawar merupakan pangan berbahan dasar tepung terigu. Roti tawar sendiri termasuk suatu pangan yang sangat di gandrungi oleh masyarakat luas mulai dari anak anak hingga dewasa. Roti tawar memiliki peran penting dalam memberikan asupan gizi bagi tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut mutu produk roti tawar SIP Politeknik Negeri Jember, harapan responden terhadap produk roti tawar SIP Politeknik Negeri Jember, dan membandingkan kualitas produk roti tawar SIP Politeknik Negeri Jember dengan kompotitornya yaitu Wina Bakery menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) dengan bantuan matrik House Of Quality. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harapan responden terhadap atribut mutu dari produk roti tawar SIP Politeknik Negeri Jember adalah berwarna coklat keemasan, tekstur halus, rasa tawar, aroma khas roti tawar, kemasan plastik, lama penyimpanan selama 7-10 hari, harga menjadi tidak berarti apabila melihat kualitas yang diberikaan dari produk itu sama dan pengaruh promosi dari produk lain tidak berpengaruh terhadap pembelian produk dari roti tawar SIP Politeknik Negeri Jember. Sementara atribut mutu yang menjadi kelemahan yaitu bentuk kemasan pada roti tawar SIP Politeknik Negeri jember. Persyaratan teknis yang menjadi prioritas untuk diperbaiki dalam rangka meningkatkan kinerja prioritas atribut mutu yang mampu memuaskan harapan pelanggan adalah antara lain 1) bahan baku, 2) penimbangan dan pembentukan, 3) pemotongan, 4) pengemasan, 5) pengembangan adonan/proofing, 6) penimbangan, 7) fermentasi, 8) pencampuran/mixing, 9) pengovenan, dan 10) pendinginan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKurnianto, Mokh FatoniNIDN197505011999031001
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 04 May 2023 01:00
Last Modified: 04 May 2023 01:00
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/22881

Actions (login required)

View Item View Item