Optimalisasi Penggunaan Oil Pump Tranmisi dan Gardan Sesuai Dengan Ukuran Kebutuhan Mobil di PT Arina Parama Jaya Gresik

Ziyadana, Yodik Ikbar Optimalisasi Penggunaan Oil Pump Tranmisi dan Gardan Sesuai Dengan Ukuran Kebutuhan Mobil di PT Arina Parama Jaya Gresik. [Experiment] (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (50kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (266kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (52kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy

Abstract

Magang merupakan suatu kegiatan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai suatu syarat kelulusan pada sebuah perguruan tinggi. Kegiatan Magang bertujuan untuk menambah pengetahuan kepada mahasiswa tentang dunia industri serta dapat mengembangkan keahlian dan keterampilannya. Kegiatan Magang dilaksanakan di PT. Arina Parama Jaya Gresik selama 4 bulan yang dilaksanakan pada akhir bulan agustus hingga akhir bulan desember. PT. Arina Parama Jaya merupakan salah satu penyedia jasa yang menjual berbagai kendaraan merk Toyota, sebagai salah satu Dealer yang di percaya oleh PT. Toyota Astra Motor (TAM). PT. Arina Parama Jaya berdomisili di Gresik biasanya lebih sering disebut sebagai Arina Toyota Gresik. Perusahaan ini bergerak di bidang otomotif selain menjual berbagai mobil all type Toyota, perusahan ini juga menerima jasa service general repair (GR) dan juga service body repair (BP). Arina Toyota Gresik merupakan salah satu dealer Toyota lengkap di Jawa Timur yang diresmikan pada tanggal 7 juli 2000. Pada setiap mobil yang di operasikan dapat mengalami kerusakan di semua bagian mobil mulai dari mesin, sasis, dan bodi. Saat melakukan servis mobil, teknisi bukan sekedar mengecek normal tidaknya mesin tetapi juga melakukan penggantian oli. Ada banyak jenis oli yang diganti seperti oli gardan, oli mesin, oli transmisi, oli matic dan lainnya. Penggantian oli tranmisi dan gardan seharusnya juga diperhatikan setelah mobil menempuh jarak 40.000 KM atau setara 2 tahun. Pada saat melakukan penggantian oli tranmisi dan gardan diperlukan menggunakan alat yaitu oil pump yang kerap disebut pengisi oli. Pengoptimalan penggunaan oil pump alat ini digunakan pada saat akan mengisi oli tranmisi dan gardan yang baru yaitu dengan cara menuangkan oli pada drum oil pump sesuai dengan kebutuhan setiap mobil per liternya, lalu mengatur barometer dengan kapasitas pada mobil tersebut. Sebelum memasukkan oli ke dalam drum oil pump pastikan segel oli tidak masuk ke dalam drum sehingga tidak tersumbat saat oil pump digunakan. Penggunaan oil pump tentunya sudah sesuai dengan surat perintah kerja bengkel (PKB) yang sudah dibuat sehingga tidak setiap pekerjaan servis berkala memerlukan oil pump.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorZain, Alex TaufiqurrohmanNIDN0017109301
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Yodik Ikbar Ziyadana
Date Deposited: 20 Mar 2023 00:52
Last Modified: 20 Mar 2023 00:54
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20896

Actions (login required)

View Item View Item