Pengaruh Grist Dan Jenis Gandum Terhadap Ekstraksi b1 Cap Segitiga Biru (Sb) Di Mill g Pada Pt Indofood Sukses Makmur, Tbk Bogasari Flour Mills Surabaya

Nuha, Galih Ulin (2020) Pengaruh Grist Dan Jenis Gandum Terhadap Ekstraksi b1 Cap Segitiga Biru (Sb) Di Mill g Pada Pt Indofood Sukses Makmur, Tbk Bogasari Flour Mills Surabaya. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
5. RINGKASAN.docx - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (19kB)
[img] Text (Pendahuluan)
11. BAB 1. PENDAHULUAN.docx - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (26kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
17. DAFTAR PUSTAKA.docx - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (16kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D41162032_LAPORAN LENGKAP.docx
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk Bogasari Flour Mills merupakan salah satu divisi dari PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk yang bergerak pada bidang penggilingan gandum menjadi tepung terigu terbesar di Indonesia dan terintegrasi dalam satu lokasi. PT. ISM, Tbk Bogasari Flour Mills memiliki dua pabrik penggilingan, yaitu Pabrik Jakarta dan Pabrik Surabaya. Dalam situs resmi APTINDO (2013), Hingga saat ini, PT. ISM, Tbk Bogasari Flour Mills masih menguasai pasar terigu nasional dengan pangsa pasar sekitar 51%. Adapun total kapasitas produksi Bogasari lebih dari 4 juta ton per tahun. Hal itu berarti Bogasari masih merupakan perusahaan penggilingan tepung terigu terbesar bila dibandingkan dengan perusahaan yang bergerak pada bidang yang sama. Biji gandum merupakan bahan baku dalam pembuatan tepung terigu. Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan tepung terigu di PT. ISM. Tbk. Bogasari Flour Mills Surabaya adalah biji gandum yang diimpor dari berbagai negara, seperti Australia, Amerika, India, Cina, Ukraina, dan Kanada. Bahan baku tersebut dikirim dengan menggunakan kapal. Kapal yang digunakan adalah kapal milik PT. ISM. Tbk. Bogasari Flour Mills Surabaya yang berjumlah tiga dan terkadang menggunakan kapal sewa. Pada umumnya, kapal yang digunakan memiliki lima palka yang mampu menampung hingga 75.000 ton biji gandum. Biji gandum juga dikategorikan berdasarkan warna kulit biji (pericarp). Biji gandum dapat berwarna merah atau putih bergantung pada keberadaan gen yang memberikan warna merah. Semakin gelap warna biji gandum, maka semakin tinggi kandungan proteinnya. Selain berdasarkan kekerasan dan warnanya, biji gandum juga dikelompokkan berdasarkan musim tumbuh, yaitu musim semi (spring wheat) dan musim dingin (winter wheat). Spring wheat berbiji saat musim semi kemudian tumbuh melewati musim panas, dan dipanen sebelum musim dingin berlangsung. Dari hasil dapat diketahui bahwa pada periode 1 (1 Februari – 17 Februari 2020) memiliki rata-rata hasil Ekstraksi B1 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata Ekstraksi B1 periode 2 dan periode 3. Berdasarkan hasil tersebut bisa diketahui bahwa komposisi grist dan jenis gandum akan mempengaruhi total tepung terigu yang dihasilkan. Sehingga dapat dikatakan bahwa pada periode pertama untuk komposisi grist gandum 35% CW, 35% ASW, 35% UKR merupakan komposisi yang tepat untuk menghasilkan total tepung terigu sebaik mungkin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDhamayathi, WennyNIDN0004087102
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 03 Jan 2023 02:49
Last Modified: 03 Jan 2023 02:50
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18478

Actions (login required)

View Item View Item