Pengaruh Pemberian Tepung Ubi Jalar Ungu Terhadap Kadar Ldl (Low Density Lipoprotein) Tikus Putih Jantan Galur Wistar Diinduksi Pakan Diet Tinggi Lemak Dan Fruktosa

Zuhro, Vindi Atikatus (2022) Pengaruh Pemberian Tepung Ubi Jalar Ungu Terhadap Kadar Ldl (Low Density Lipoprotein) Tikus Putih Jantan Galur Wistar Diinduksi Pakan Diet Tinggi Lemak Dan Fruktosa. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (182kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (201kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
G42170479_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Obesitas adalah penyakit kronis dan multifaktorial disebabkan interaksi faktor genetik dan faktor lingkungan, seperti aktivitas fisik, dan gaya hidup. Antosianin digunakan untuk menurunkan kadar LDL. Jenis penelitian True Eksperimental dengan pre-posttest with control group design. Sampel 24 ekor tikus jantan. Pengambilan randomisasi dan dibagi 3 kelompok (K-) pakan standart, (K+) di induksi diet tinggi lemak dan minuman fruktosa secara ad libitum, dan (P) tikus di induksi diet tinggi lemak dan minuman fruktosa 66% secara ad libitum dan intervensi tepung ubi jalar ungu sebanyak 4,5 gr. Kadar LDL diperiksa dengan metode CHOD-PAP. Hasil Uji One Way Annova (p>0.05) tidak terdapat perbedaan bermakna sebelum induksi. Hasil Uji One Way Annova (p>0.05) tidak terdapat perbedaan bermakna antar kelompok sebelum perlakuan. Hasil Uji One Way Anova (p>0,05) tidak terdapat perbedaan bermakna pada kelompok setelah perlakuan. Hasil Uji Paired T-Test (p>0.05) tidak terdapat perbedaan bermakna sebelum dan sesudah perlakuan tiap kelompok. Hasil Uji One way Anova (p>0.05) tidak terdapat perbedaan bermakna selisih sebelum dan sesudah perlakuan. Hal ini disebabkan kurangnya waktu intervensi tepung ubi jalar ungu sehingga antioksidan dan serat yang terkandung dalam daun ubi jalar ungu tidak dapat mengikat semua kolesterol dan lemak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRestuti, Arisanty Nur SetiaNIDN0025088304
Uncontrolled Keywords: LDL, Obesitas, ubi jalar ungu
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > Tugas Akhir
Depositing User: Vindi Atikatus Zuhro
Date Deposited: 09 Dec 2022 00:56
Last Modified: 09 Dec 2022 00:57
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18044

Actions (login required)

View Item View Item