Produksi dan Pemasaran Cookies Nanas (Conas) Dengan Varian Topping Keju dan Coklat

Nisa, Faiza Khoirun (2021) Produksi dan Pemasaran Cookies Nanas (Conas) Dengan Varian Topping Keju dan Coklat. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (16kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dafpus.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (80kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Teks Faiza.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Cookies merupakan salah satu cemilan yang populer di Indonesia. Pemanfaatan hasil lokal sebagai bahan tambahan dalam pembuatan cookies perlu dilakukan untuk menambah varian cookies yang sudah ada dan juga membuat olahan cookies dengan rasa yang enak tetapi terdapat tambahan gizi lebih dengan adanya penambahan dari bahan lain. Salah satu hasil lokal yang dapat digunakan sebagai bahan tambahan pembuatan cookies yaitu buah nanas. Tujuan produksi dan pemasaran cookies nanas dengan varian topping keju dan coklat adalah untuk memaksimalkan pemanfaatan buah nanas yang melimpah agar tidak terbuang, memiliki nilai ekonomis dan untuk menambah varian baru pada cookies. Cookies nanas memiliki warna kuning kecoklatan, bertekstur padat dan lembut, memiliki rasa dan aroma khas nanas dan mimiliki kenampakan cenderung seragam. Proses produksi cookies nanas memiliki beberapa tahapan yaitu proses penyangraian nanas dan proses pembuatan cookies. Tahapan pembuatan nanas sangrai meliputi penyiapan alat dan bahan, pengupasan, pencucian, pemotongan, pemarutan dan penyangraian. Sedangkan proses pembuatan cookies nanas meliputi penyiapan alat dan bahan, penimbangan, pencampuran, pencetakan, pengovenan, pengemasan dan pelabelan. Proses produksi dilakukan selama 10 kali produksi dan menghasilkan 100 kemasan cookies nanas. Setiap satu kai produksi menghasilkan 10 kemasan dengan berat 100 gram yang dijual dengan harga Rp.15.000 perkemasan. Produk cookies nanas memiliki rerata rendemen sebesar 87,48% . Pemasaran cookies nanas dilakukan dengan cara langsung dan tidak langsung. Pemasaran langsung dilaukan dengan cara menawarkan produk ke konsumen secara langsung sedangkan pemasaran secara tidak langsung dengan mempromosikan produk menggunaan media sosial. Keuntungan yang didapat dari produksi cookies nanas yaitu sebesar Rp.668.871,66 dengan laju keuntungan sebesar 88,46% dan memiliki B/C rasio sebesar 1,88.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSantoso, AgusNIDN0015086302
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 165 - Teknologi Pangan dan Gizi
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Faiza Khoirun Nisa
Date Deposited: 15 Nov 2021 02:50
Last Modified: 15 Nov 2021 02:51
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/7978

Actions (login required)

View Item View Item