Pemeliharaan Dan Perawatan Kerusakan Jalan Rel Di Wilayah Daop Ix Jember

Apriliandika, Yuda Fiyan (2021) Pemeliharaan Dan Perawatan Kerusakan Jalan Rel Di Wilayah Daop Ix Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (95kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (61kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
H42170643_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang (PKL) adalah kegiatan mahasiswa untuk belajar secara langsung pada perusahaan/instansi/industri lainya. Praktik Kerja Lapang ini merupakan kegiatan akademik yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa Politeknik Negeri Jember, khususnya Program Studi Mesin Otomotif Jurusan Teknik. Kegiatan Praktik Kerja Lapang ini dilaksanakan di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember selama 2 bulan, mulai dari bulan Oktober sampai dengan bulan November 2020. Tujuan dari Praktik Kerja Lapang ini adalah untuk mempelajari dan mempraktekkan bagaimana cara mengetahui dan mengerti kerusakan yang terjadi pada rel dan juga perawatan yang di lakukan. Pada UPT Mekanik jalan rel dan jembatan Daop 9 Jember sendiri, terdapat program perawatan bulanan jalan rel dan jembatan yang diadakan secara rutin. Mulai dari P1 (perawatan 1 bulan sekali), P3 (perawatan 3 bulan sekali), P6 (perawatan 6 bulan sekali) dan P12 (perawatan 12 bulan sekali). Setelah P12 dilaksanakan, maka proses perawatan akan dilakukan ulang kembali ke P1, ada juga perawatan yang menggunakan mesin yakni MTT (Multi Tie Tamper), PBR (Plasser Ballast Regulator), dan juga KA ukur yang biasanya melintas 2 kali dalam satu tahun. Pada bulan November KA ukur melintas disepanjang jalan Daop 9 Jember, dari hasil KA ukur yang melintas mendapatkan hasil kerusakan rel yang perlu dilakukan perbaikan serta dilakukan perawatan agar rel tidak melampaui batas rel yang ditentukan (GAPEKA) Grafik perjalanan kereta api. Dari hasil analisis tersebut maka perlu dilakukan perbaikan serta perawatan / pemeliharaan terhadap titik-titik kerusakan. Dari hasil analisa KA ukur diatas maka, KA ukur vi melaporkan kepada Upt resort jalan rel dan jembatan,dan Upt mekanik jalan rel dan jembatan untuk segera dilakukan tindakan agar kereta api yang akan melintas tidak mendapatkan gangguan serta kenyaman penumpang yang menjadi prioritas dari PT Kereta Api Indonesia.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSuranto, Dwi DjokoNIDN0023066107
Uncontrolled Keywords: Pemeliharaan Dan Perawatan Kerusakan Jalan Rel
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Yuda Fiyan Apriliandika
Date Deposited: 22 Oct 2021 04:13
Last Modified: 22 Oct 2021 04:15
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/7443

Actions (login required)

View Item View Item