Analisis Usaha Cireng Frozen Bumbu Rujak Di Desa Pekalangan Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso

Hasanah, Siti Konitatul (2021) Analisis Usaha Cireng Frozen Bumbu Rujak Di Desa Pekalangan Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (327kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (331kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (426kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31181208_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan tugas akhir ini dilakukan mulai bulan (2 Februari – 28 Mei 2021) yang dilaksanakan di Desa Pekalangan Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso. Adapun tujuan dari tugas akhir diantaranya untuk melakukan proses produksi, menghitung analisis kelayakan usaha, dan melakukan pemasaran cireng frozen bumbu rujak di Desa Pekalangan Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso. Metode yang digunakan untuk menghitung kelayakan usaha diantaranya BEP,R/C Ratio, dan ROI. Saluran pemasaran yang diterapkan yaitu menggunakan saluran langsung (produsen ke konsumen). Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, adapun rangkaian proses produksi produk cireng ini terdiri dari persiapan alat dan bahan, pembuatan bumbu rujak, penimbangan bahan, pembuatan adonan, pembentukan cireng, pengemasan dan pelabelan. Hasil perhitungan analisis usaha menunjukkan nilai BEP (Produksi) sebesar 14,4 kemasan dari total produksi sebanyak 18 kemasan dalam 1 kali produksi, BEP (Harga) sebesar Rp. 6.486,59 dengan harga jual per kemasan sebesar Rp. 8000, R/C Ratio sebesar 1,23 dan ROI sebesar 1,17% sehingga usaha ini layak untuk dikembangakan. Demikianlah halnya dangan saluran pemasaran langsung dari produsen ke konsumen merupakan saluran pemasaran yang cukup efektif dengan dibantu promosi melalui media sosial. Kata Kunci : Cireng, Analisis Usaha, BEP, R/C Ratio dan ROI

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMalika, Uyun ErmaNIDN0008018802
Uncontrolled Keywords: Cireng, Analisis Usaha, BEP, R/C Ratio dan ROI
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis (Bondowoso) > Tugas Akhir
Depositing User: Siti Konitatul Hasanah
Date Deposited: 26 Sep 2021 22:04
Last Modified: 26 Sep 2021 22:05
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/6858

Actions (login required)

View Item View Item