Analisis Usaha Dimsum Otak – Otak Bandeng “D’mini” Di Desa Jambangan Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo Laporan Akhir

Jannah, Siti Imro'atul (2021) Analisis Usaha Dimsum Otak – Otak Bandeng “D’mini” Di Desa Jambangan Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo Laporan Akhir. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (210kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (165kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (146kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31181500_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tugas Akhir yang berjudul Analisis Usaha Dimsum Otak-Otak Bandeng “D‟MINI” di Desa Jambangan Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo dilaksanakan selama 5 bulan dimulai tanggal 1 Maret 2021 sampai dengan 12 Juli 2021. Tujuan tugas akhir ini yaitu: mahasiswa dapat melakukan pembuatan dimsum otak-otak bandeng “D‟MINI”; dapat menghitung analisis usaha dimsum otak-otak bandeng “D‟MINI”; dan dapat menerapkan bauran pemasaran dimsum otak-otak bandeng “D‟MINI” di Desa Jambangan Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Tugas akhir produk dimsum otak-otak bandeng “D‟MINI” ini menggunakan tiga metode analisis usaha yaitu analisis BEP (Break Event Point), R/C ratio, dan ROI (Return On Invesment). Nilai perhitungan diperoleh BEP unit sebesar 9,39 kemasan dari kapasitas produksi sebesar 12 kemasan dan nilai BEP harga sebesar Rp 13.295,7 dengan harga jual Rp 17.000,- nilai R/C ratio sebesar 1,29 dan nilai ROI sebesar 4,29%. Berdasarkan ketiga analisis tersebut maka analisis usaha dimsum otak-otak bandeng “D‟MINI” di Desa Jambangan Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo menguntungkan dan layak untuk diusahakan. Proses produksi dilakukan sekali dalam seminggu dengan total produksi sebanyak 5 kali dan total produk sebanyak 60 kemasan. Satu kali produksi membutuhkan satu orang tenaga kerja dengan jam kerja selama 4 jam. Tugas akhir ini menggunakan promosi secara offline dengan mengenalkan produk secara langsung ke tetangga dan masyarakat sekitar, serta promosi online menggunakan WhatsApp dan Instagram. Saluran pemasaran yang digunakan yaitu saluran pemasaran langsung dengan mengantarkan langsung produk ke konsumen atau konsumen langsung datang ke tempat produksi, dan saluran pemasaran tidak langsung yaitu menitipkan produk pada toko frozen food “Pawone Mbakyu” beralamat di Desa Sidodadi Kabupaten Sidoarjo. Kata Kunci: Dimsum, Bandeng, Analisis Usaha, Pemasaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMahanani, Retno SariNIDN0007057003
Uncontrolled Keywords: Dimsum, Bandeng, Analisis Usaha, Pemasaran
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: SITI IMRO'ATUL JANNAH
Date Deposited: 05 Aug 2021 04:33
Last Modified: 05 Aug 2021 04:34
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/5843

Actions (login required)

View Item View Item