Analisis usaha carang mas ubi jalar rasa jahe Di kelurahan meri kecamatan kranggan Kota mojokerto

Malinda, Ishambar Nur (2020) Analisis usaha carang mas ubi jalar rasa jahe Di kelurahan meri kecamatan kranggan Kota mojokerto. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
07. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
14. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (91kB)
[img] Text (Daftar apustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (140kB)
[img] Text (Laporaran Lemgkap)
D31170851_LAPORAN LENGKAP_TA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Analisis usaha carang mas ubi jalar rasa jahe bertujuan untuk mengetahui dan melakukan proses produksi carang mas ubi jalar rasa jahe, mengetahui kelayakan usaha carang mas ubi jalar rasa jahe menggunakan metode analisis BEP, R/C Ratio dan ROI, serta melakukan kegiatan pemasaran carang mas ubi jalar rasa jahe. Proses produksi carang mas ubi jalar rasa jahe meliputi persiapan alat dan bahan, pengupasan, pemarutan, perendaman, pembuatan adonan gula jahe, penggorengan, pencampuran bahan, pencetakan, pendinginan, pelabelan, penimbangan dan pengemasan. Metode analisis kelayakan usaha yang digunakan dalam pelaksanaan tugas akhir ini yaitu BEP (Break Event Point), R/C Ratio (Revenue Cost Ratio) dan ROI (Return on Investment). Kegiatan Tugas Akhir dilaksanakan selama 3 bulan mulai 28 Januari 2020 sampai dengan 28 April 2020 di Kelurahan Meri Kecamatan Kranggan Kota Mojokerto. Kegiatan produksi telah dilaksanakan sebanyak lima kali produksi. Setiap satu kali produksi dihasilkan sebanyak 36 kemasan dengan berat 80 gram/kemasan yang dijual Rp.5.000/kemasan dan diperoleh keuntungan sebesar Rp.43.159. Berdasarkan metode analisis yang digunakan pada usaha carang mas ubi jalar rasa jahe diperoleh data perhitungan analisis nilai BEP (produksi) sebesar 27 kemasan, nilai BEP (harga) Rp.3.801, nilai R/C Ratio sebesar 1,32 dan nilai ROI sebesar 5,90%, maka usaha ini menguntungkan dan layak diusahakan. Kegiatan pemasaran carang mas ubi jalar rasa jahe menggunakan dua saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran langsung dan saluran pemasaran tidak langsung. Kegiatan promosi yang dilakukan dengan komunikasi langsung ke konsumen dan menggunakan aplikasi media sosial Whatsapp dan Instagram. Kata Kunci : Analisis Usaha, Proses Produksi, Pemasaran Carang Mas Ubi Jalar Rasa Jahe

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMalika, Uyun ErmaNIDN0008018802
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Abd. Rahman
Date Deposited: 28 May 2021 07:09
Last Modified: 28 May 2021 07:10
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/4879

Actions (login required)

View Item View Item