Peran Pemandu Dalam Meningkatkan Edukasi Budaya Bagi Rombongan Anak Sekolah Dasar Di Museum Sonobudoyo

Jati, Lintang Linggih (2025) Peran Pemandu Dalam Meningkatkan Edukasi Budaya Bagi Rombongan Anak Sekolah Dasar Di Museum Sonobudoyo. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (81kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (177kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas peran pemandu dalam meningkatkan edukasi budaya bagi rombongan anak Sekolah Dasar (SD) di Museum Sonobudoyo. Sebagai bagian dari program magang di Politeknik Negeri Jember, penulis, Lintang Linggih Jati, menjalani magang selama 5 bulan (1 Juli 2024 hingga 30 November 2025) di Museum Sonobudoyo Unit I. Tugas utama meliputi memandu wisatawan, khususnya kelompok besar siswa SD, dengan memberikan penjelasan koleksi museum menggunakan bahasa sederhana yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman anak-anak, serta mengadakan kegiatan interaktif. Kendala yang dihadapi mencakup kesulitan menjaga keteraturan dan perhatian siswa dalam rombongan besar, perbedaan latar belakang, serta pengawasan yang tidak merata. Solusi yang diterapkan meliputi pengaturan barisan siswa menjadi 3-4 baris untuk memudahkan pergerakan dan pengendalian, serta penyampaian penjelasan dengan suara lantang dan menarik. Melalui magang ini, penulis memperoleh pengalaman berharga dalam kepemanduan, pengetahuan mendalam tentang sejarah dan budaya Indonesia khususnya Jawa, serta keterampilan melayani pengunjung dengan karakteristik beragam. Hasilnya menunjukkan bahwa peran pemandu efektif dalam meningkatkan pemahaman budaya siswa SD meskipun menghadapi tantangan operasional.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWardani, Peni ArianitaNIDN0027029205
Uncontrolled Keywords: Peran Kepemanduan di Museum Sonobudoyo
Subjects: 500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 510 - Ilmu Sastra (dan Bahasa) Indonesia dan Daerah > 513 - Sastra (dan Bahasa) Indonesia Atau Daerah Lainnya
580 - Rumpun Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora > 620 - Humaniora > 618 - Ilmu Sejarah
580 - Rumpun Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora > 620 - Humaniora > 619 - Kajian Budaya
580 - Rumpun Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora > 620 - Humaniora > 699 - Kepariwisataan
Divisions: Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D4 Destinasi Pariwisata > PKL
Depositing User: Lintang Linggih Jati
Date Deposited: 24 Dec 2025 04:12
Last Modified: 24 Dec 2025 04:12
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/48280

Actions (login required)

View Item View Item