Strategi Pelayanan Secara Langsung Kepada Wisatawan Dan Kegiatan Sales Call Pada Sales Department Dusun Semilir

Wulan Dari, Nova Dwi Ananta (2025) Strategi Pelayanan Secara Langsung Kepada Wisatawan Dan Kegiatan Sales Call Pada Sales Department Dusun Semilir. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (356kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (537kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (380kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Magang NOVAA Final.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Laporan magang ini berjudul “Strategi Pelayanan Secara Langsung kepada Wisatawan dan Kegiatan Sales Call pada Sales Department Dusun Semilir”, yang menggambarkan pengalaman mahasiswa selama menjalankan magang di Dusun Semilir mulai dari tanggal 1 Juli hingga 28 November 2025. Kegiatan magang dilaksanakan pada Sales Department, yang memiliki peran penting dalam pelayanan, penjualan hingga pengelolaan rombongan wisatawan. Mahasiswa menjalankan beberapa tugas, dimana pada tiga bulan pertama mahasiswa ditempatkan pada bagian Customer Service yang berfokus dengan pelayanan secara langsung atau tatap muka dengan wisatawan. Pada dua bulan terakhir masa magang mahasiswa dipindahkan ke bagian Office Sales, dengan kegiatan membantu proses administrasi sales dan input data ke dalam revenue bulanan. Melalui pengalaman ini, mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata mengenai strategi pelayanan wisata dan proses pemasaran destinasi. Pengalaman tersebut tidak hanya meningkatkan keterampilan profesional mahasiswa dalam komunikasi, pelaksanaan tugas-tugas operasional, dan administrasi data, tetapi juga memperluas pemahaman tentang manajemen hubungan pelanggan atau Customer Relationship Management (CRM) dalam industri pariwisata. Hasil magang menunjukkan bahwa pelayanan secara langsung kepada wisatawan yang profesional serta pelaksanaan kegiatan sales call yang efektif berkontribusi besar terhadap peningkatan kualitas pelayanan, kepuasan wisatawan, dan strategi peningkatan jumlah kunjungan ke Dusun Semilir.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSuharsono, Degita DanurNIDN0001049301
Uncontrolled Keywords: Magang, Pelayanan Wisata, Sales Call, Sales Department, Dusun Semilir
Subjects: 580 - Rumpun Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora > 620 - Humaniora > 699 - Kepariwisataan
Divisions: Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D4 Destinasi Pariwisata > PKL
Depositing User: Nova Dwi Ananta Wulan Dari
Date Deposited: 23 Dec 2025 01:44
Last Modified: 23 Dec 2025 01:44
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/48257

Actions (login required)

View Item View Item