Hibatullah, Haikal Fahmi (2025) Peran Divisi Edukasi The Grand Taman Safari Prigen Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Kesadaran Publik Mengenai Satwa Liar Dan Konservasinya. [Experiment] (Unpublished)
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (150kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (141kB) |
|
|
Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (141kB) |
|
|
Text (Laporan Lengkap)
Laporan_Magang_Haikal_FINAL-3.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan utama kegiatan ini bagi penulis adalah untuk memahami dan berpartisipasi aktif dalam program edukasi konservasi satwa, meningkatkan keterampilan komunikasi dan public speaking, serta menganalisis peran strategis divisi tersebut dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap pelestarian satwa liar. Selama magang, penulis terlibat langsung dalam berbagai kegiatan seperti keeper talk, edukasi school visit dan zoo visit, CSR, CFA, dan kegiatan yang berkaitan dengan hospitality service seperti pelayanan AVI (Animal-Visitor Interaction), story telling di BSR. Melalui kegiatan tersebut, penulis belajar bagaimana menyampaikan informasi konservasi secara menarik dan interaktif kepada pengunjung dari berbagai kalangan. Divisi Edukasi berperan penting sebagai jembatan antara pengunjung, satwa, dan alam dengan mengubah pengalaman rekreasi menjadi proses pembelajaran yang bermakna. Meskipun terdapat beberapa kendala seperti perbedaan minat pengunjung, cuaca tidak menentu, dan keterbatasan fasilitas, solusi kreatif seperti penggunaan media visual, pendekatan interaktif, dan penyesuaian gaya komunikasi berhasil meningkatkan efektivitas kegiatan. Secara keseluruhan, magang ini memberikan pengalaman berharga dalam bidang pariwisata edukatif berbasis konservasi dan menegaskan pentingnya peran edukasi dalam menciptakan kesadaran lingkungan yang berkelanjutan.
| Item Type: | Experiment | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||
| Uncontrolled Keywords: | Edukasi Konservasi, Satwa Liar, Taman Safari, Pariwisata Edukatif, Kesadaran Publik, Divisi Edukasi | ||||||
| Subjects: | 500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 510 - Ilmu Sastra (dan Bahasa) Indonesia dan Daerah > 512 - Sastra (dan Bahasa) Indonesia 500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 530 - Ilmu Bahasa Asing > 531 - Sastra (dan Bahasa) Inggris 500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 530 - Ilmu Bahasa Asing > 533 - Sastra (dan Bahasa) China (Mandarin) 500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 530 - Ilmu Bahasa Asing > 537 - Sastra (dan Bahasa) Melayu 620 - Rumpun Ilmu Humaniora > 613 - Humaniora 620 - Rumpun Ilmu Humaniora > 699 - Kepariwisataan |
||||||
| Divisions: | Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D4 Destinasi Pariwisata > PKL | ||||||
| Depositing User: | Haikal Fahmi Hibatullah | ||||||
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 02:04 | ||||||
| Last Modified: | 23 Dec 2025 01:13 | ||||||
| URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/48082 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
