Kamiliya, Amalina Ghitha (2025) Strategi Penjualan dan Promosi Paket Tour Special Melalui Loket di Pura Mangkunegaran Surakarta. [Experiment] (Unpublished)
|
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (102kB) |
|
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (319kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (133kB) |
|
|
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Strategi Penjualan dan Promosi Paket Tour Melalui Loket di Pura Mangkunegaran Surakarta. Amalina Ghitha Kamiliya, NIM F41222746, Tahun 2025, Jurusan Bahasa, Komunikasi, dan Pariwisata, Program Studi D-I Destinasi Pariwisata, Politeknik Negeri Jember, Degita Danur Suharsono, S.Pd., M.P.d. (Dosen Pembimbing). Pura Mangkunegaran merupakan salah satu destinasi wisata budaya unggulan di kota Surakarta yang menawarkan paket kunjungan berupa tour regular maupun tour special. Sebagai daya Tarik budaya, strategi penjualan dan promosi memiliki peran penting dalam menarik wisatawan dan meningkatkan minat terhadap paket tour special. Selama masa magang, penulis terlibat dalam berbagai aktiitas operasional, terutama pada bagian loket yang menjadi pusat pelayanan dan transaksi wisatawan. Loket juga berperan untuk memberikan informasi, penjualan secara langsung, dan menyampaikan nilai lebih dari paket tour special kepada wisatawan. Strategi penjualan dilakukan melalui penyampaian informasi yang informatif, ramah, serta persuasive kepada wistawan. Penulis juga menerapkan Teknik personal selling dengan menjelaskan perbedaan rute, dan pengalam promosi yang diberikan pada pakt tour special yang tidak terdapat pada tour regular. Selain itu, promosi juga dilakukan secara langsung (Direct Selling) dengan memanfaatkan momen ketika wisatawan bertanya di area loket dan mengamati tour yang sedang berlangsung. Hasil kegiatan selama magang menunjukkan bahwa strategi komunikasi persuasive, pelayanan ramah, sera penjelasan yang jelas mampu meningkatkan minat wisatawan untuk memilih paket tour special. Wisatawan juga lebih tertarik jika mendapatkan gambaran secara lansgung mengenai tour special tersebut. Secara keseluruhan, kegiatan magang ini memberikan pengalaman nyata tentang bagaimana stratgei penjualan dan promosi dilakukan di Pura Mangkunegaran. Penulis juga memperoleh wawasan praktis mengenai teknik pelayanan, komunikasi, serta strategi pemasaran wisata yang dapat diterapkan dalam industry pariwisata. Pengalaman tersebut tentunya memperkuat pemahaman penulis mengenai pentingnya pelayanan berkualitas.
| Item Type: | Experiment | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Penjualan, Promosi Wisata, Paket Tour Special, Pelayanan Loket, Pura Mangkunegaran | ||||||
| Subjects: | 620 - Rumpun Ilmu Humaniora > 699 - Kepariwisataan | ||||||
| Divisions: | Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D4 Destinasi Pariwisata > PKL | ||||||
| Depositing User: | Amalina Ghitha Kamiliya | ||||||
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 01:40 | ||||||
| Last Modified: | 22 Dec 2025 01:40 | ||||||
| URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/48039 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
