Evaluasi Kepuasan Pengguna dari Simpuswangi pada Bagian Pendaftaran di Puskesmas Sempu Kabupaten Banyuwangi dengan Menggunakan Metode End Use Computing Satisfaction (EUCS)

Qohar, Intan Nur and Saputra, Rizky Oktaviandi and Nugraha, Tasya Syifa (2025) Evaluasi Kepuasan Pengguna dari Simpuswangi pada Bagian Pendaftaran di Puskesmas Sempu Kabupaten Banyuwangi dengan Menggunakan Metode End Use Computing Satisfaction (EUCS). [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (28kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (52kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dafta Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (98kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Puskesmas Sempu merupakan Puskesma di daerah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Dalam Proses pelayanan puskesmas Sempu telah menggunakan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS), termasuk dalam proses pendaftaran. Namun dalam pelaksanaannya masih ditemuka beberapa kendala diantaranya yaitu terjadinya duplikasi atau double rekam medis dan sistem yang lambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi SIMPUSWANGI Puskesmas Sempu Banyuwangi pada petugas pendaftaran dengan menggunakan metode End Use Computing Satisfaction (EUCS). Penelitian ini dilakukan di bagian pendaftaran dengan pengambilan data melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil evaluasi SIMPUSWANGI di Puskesmas Sempu Banyuwangi dilakukan dengan ditinjau dari beberapa dimensi EUCS dan hasil persentase yang didapatkan pada indikator content yakni sebesar 96% yang mana terdapat dalam rentang skor kepuasan 81%-100% yaitu termasuk kriteria sangat baik. Hasil persentase yang di dapatkan pada indikator accuracy yakni sebesar 90,6% yang mana terdapat dalam rentang skor kepuasan 81%-100% yaitu termasuk kriteria sangat baik. Hasil persentase yang didapatkan pada indikator format yakni sebesar 88% yang mana terdapat dalam rentang skor kepuasan 81%-100% yaitu termasuk kriteria sangat baik. Hasil persentase yang didapatkan pada indikator ease of use yakni sebesar 86% yang mana terdapat dalam rentang skor kepuasan 81%-100% yaitu termasuk kriteria sangat baik. Hasil presentase yang didaapatkan pada indikator timeless yakni sebesar 81,3% yang mana terdapat dalam rentang skor kepuasan 81%-100% termasuk kriteia sangat baik. Berdasrkan hasil evaluasi, saran yang dapat dilakaukan yaitu Pihak Puskesmas dapat melakukan pengecekan secara berkala terhadap hardware pengguna, software aplikasi, jaringan, virus untuk mengatasi sistem yang lambat. Pihak puskesmas dapat menyediakan spreadsheet maupun google form sebagai media alternatif apabila terjadi gangguan asistem atau down server. Menambah akun individu sebagai upaya pencegahan dari kebocoran dan resiko keamanan data.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAlfiansyah, Gamasiano199004052018031001
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, End User Computing Satisfaction, EUCS, laporan, puskesmas, Puskesmas Sempu, Banyuwangi, Simpuswangi
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Tasya Syifa Nugraha
Date Deposited: 22 Aug 2025 09:27
Last Modified: 22 Aug 2025 09:28
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/46531

Actions (login required)

View Item View Item