Awaluddin, Awaluddin (2025) Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Banyuwangi (SIMPUSWANGI) Bagian Pendaftaran di Puskesmas Kembiritan Banyuwangi dengan Metode EUCS. [Experiment] (Unpublished)
![]() |
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (112kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (312kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (186kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, dan paliatif. Seiring perkembangan teknologi, setiap Puskesmas diwajibkan menyelenggarakan sistem informasi sebagai bagian dari sistem informasi kesehatan daerah. UPTD Puskesmas Kembiritan, yang menggunakan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Banyuwangi (SIMPUSWANGI), berperan dalam mendukung pencatatan dan pelaporan, khususnya di bagian pendaftaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan pengguna SIMPUSWANGI pada bagian pendaftaran dengan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) yang meliputi aspek isi, keakuratan, kemudahan penggunaan, tampilan, dan ketepatan waktu. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi terhadap petugas loket pendaftaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum SIMPUSWANGI sudah cukup baik dan membantu pekerjaan petugas, terutama pada aspek kemudahan penggunaan, ketepatan waktu, dan tampilan. Namun, masih terdapat beberapa kendala, di antaranya keterbatasan integrasi data pasien luar wilayah Banyuwangi, tidak munculnya data nomor BPJS secara otomatis, penggunaan akun bersama tanpa log aktivitas individu, serta ketiadaan menu bantuan dan buku manual penggunaan. Dengan demikian, meskipun SIMPUSWANGI mampu mendukung pelayanan pendaftaran, diperlukan pengembangan sistem lebih lanjut agar dapat memberikan layanan yang lebih optimal bagi pengguna.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi kepuasan pengguna; Sistem Informasi Puskesmas; SIMPUSWANGI; Puskesmas Kembiritan; Banyuwangi; EUCS; Rekam medis elektronik | ||||||
Subjects: | 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan | ||||||
Divisions: | Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL | ||||||
Depositing User: | Awaluddin Awaluddin | ||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2025 01:21 | ||||||
Last Modified: | 25 Aug 2025 01:22 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/46510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |