Strategi Pemasaran Tomat (Solanum Lycopersicum) di PO Sayur Organik Merbabu

Baihaqi, Dewanda Fauzan (2025) Strategi Pemasaran Tomat (Solanum Lycopersicum) di PO Sayur Organik Merbabu. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap MD.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Magang merupakan suatu kegiatan praktik bagi mahasiswa ke dalam dunia kerja di instansi mitra sebagai bentuk implementasi teori yang telah didapatkan selama perkuliahan. Magang menjadikan mahasiswa mendapatkan ilmu yang tidak hanya teori saja akan tetapi mendapatkan ilmu dengan praktek langsung di lapangan. Kegiatan magang dilakukan selama 4 bulan di PO. Sayur Organik Merbabu. Secara khusus tujuan dari kegiatan magang yang dilakukan adalah mampu menjelaskan secara langsung terkait dengan strategi pemasaran Tomat yang dilakukan di perusahaan dan menambah keterampilan mahasiswa dalam kegiatan budidaya dan pemasaran. PO. Sayur Organik Merbabu yang merupakan salah satu perusahaan pertanian organik yang berfokus pada produksi dan budidaya tanaman hortikultura secara organik. Sistem pemasaran yang dilakukan antara lain secara online dan offline. Strategi pemasaran yang digunakan di PO. Sayur Organik Merbabu adalah dengan bauran pemasaran 7P yang terdiri dari Produk (Product), Harga (price), Promosi (Promomotion), Saluran distribusi (Place), Orang (People), Proses (Proces) dan Bukti fisik (Physical Evidence). Produk yang ditawarkan di PO. Sayur Organik Merbabu salah satunya yaitu tomat. Untuk harga yang ditetapkan di perusahaan ini tergantung dengan pembelian konsumen karena di perusahaan ini untuk pembelian ecer itu bisa sedikit lebih murah dibandingkan pembelian per pack namun untuk harga juga bisa dipengaruhi oleh grade untuk grade biasanya dilihat dari bagus atau jeleknya tomat tersebut. Promosi yang dilakukan oleh PO. Sayur Organik Merbabu dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook,instagram dan tiktok. Penetapan saluran distribusi di PO. Sayur Organik Merbabu dengan menggunakan pengiriman langsung dan cargo pesawat. Pelayanan yang dilakukan di PO. Sayur Organik Merbabu yaitu dengan memberikan pelayanan yang cepat. Produk yang telah dipesan akan segera diproses dan langsung diantar sesuai dengan alamat pembeli. Bukti fisik yang ada di PO. Sayur Organik Merbabu meliputi sertifikat organik yang berarti dalam proses budidaya memenuhi standart organik dan tidak menggunakan pupuk kimia atau pestisida sintesis. Varian produk yang mencapai lebih dari 50 sayuran mulai dari sayuran daun, bunga, buah, umbi, sayur salad dan herba. Lahan produksi seluas 10 hektar untuk budidaya sayur organik.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDKrismiratsih, FitriNIDN0012039402
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 153 - Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 156 - Pemuliaan Tanaman
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis (PSDKU Nganjuk) > PKL
Depositing User: Dewanda Fauzan Baihaqi
Date Deposited: 19 Aug 2025 07:36
Last Modified: 19 Aug 2025 07:37
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/46016

Actions (login required)

View Item View Item