Ulinnuha, Bunga Sabrina (2025) Strategi Pengembangan Usaha Produk Dimsum pada UD Inarta Berhasil di Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (8kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (24kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (84kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Persaingan di industri kuliner yang semakin marak menuntut para pelaku usaha untuk terus berinovasi dan meningkatkan daya saing. Ketatnya persaingan dalam bisnis kuliner mendorong para pebisnis untuk mencari keunikan dalam produk dan strategi pengembangan mereka, guna menarik hati konsumen dan menjaga loyalitas mereka. Namun strategi pengembangan yang masih terbatas memengaruhi efektivitas penjualan produk dimsum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menjadi kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan ancaman (Treaths) pada strategi pengembangan produk Dimsum di UD Inarta Berhasil, Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Merumuskan dan menjelaskan alternatif strategi pengembangan di UD Inarta Berhasil di Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Menentukan dan menjelaskan prioritas strategi pengembangan UD Inarta Berhasil di Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Hasil analisis SWOT dalam penelitian ini adalah memanfaatkan harga dan kualitas produk, dengan menggunakan bahan baku ayam fillet yang berkualitas dan juga mempunyai protein tinggi demi menjaga kualitas rasa, memanfaatkan pesaing yang masih sedikit untuk meningkatkan permintaan pelanggan dan juga menambah mitra usaha, menerapkan marketing guna menarik selera pembeli dan juga mempengaruhi pola ekonomi dalam usaha dimsum, meningkatkan teknologi baru guna menghadapi peningkatan permintaan jumlah pesanan produk dan mengurangi inefisiensi produksi, mencari supplier lain untuk alternatif guna memenuhi kebutuhan bahan baku dan guna mengurangi fluktuasi bahan baku, mempromosikan produk sebagai bahan menarik pelanggan untuk menambah mitra kerja, penyediaan layanan pemesanan khusus event, pengembangan jaringan mitra dan inovasi produk sehat berbasis bahan lokal, penguatan diferensiasi produk dan loyalitas pasar lokal untuk menghadapi persaingan dan gangguan pasokan, optimalisasi proses produksi dan adaptasi produk ekonomis untuk menghadapi tekanan ekonomi dan perubahan selera konsumen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | strategi pengembangan usaha, IFE, EFE, analisis SWOT | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Bunga Sabrina Ulinnuha | ||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2025 08:42 | ||||||
Last Modified: | 14 Aug 2025 08:42 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/45937 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |