Strategi Bauran Pemasaran Pupuk Organik Komplet (Pok) (Studi Pada Kelompok Tani Mekar Sari Dua Desa Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember)

Sari, Myla Imayang (2025) Strategi Bauran Pemasaran Pupuk Organik Komplet (Pok) (Studi Pada Kelompok Tani Mekar Sari Dua Desa Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember). Masters thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (ABSTRACT)
ABSTRACT..pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (75kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (163kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
REVISI TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan pemasaran pupuk organik komplet (POK) mencakup kebutuhan untuk memahami pasar, preferensi konsumen, dan cara efektif untuk mempromosikan produk ramah lingkungan. Persaingan yang semakin ketat, peningkatan inflasi, penurunan tingkat pertumbuhan ekonomi, perubahan teknologi yang semakin canggih dan perubahan kondisi gemografis yang mengakibatkan berubahnya selera konsumen secara cepat. Penelitian ini dilakukan di Kelompok Tani Mekar Sari Dua Desa Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember dengan tujuan menganalisis factor eksternal dan internal bauran pemasaran pupuk organik komplet (POK) formula alternatif strategi, dan perioritas strategi strategi berdasarkan analisi SWOT dan QSPM. Hasil penelitian ini diperoleh faktor kekuatan terbesar adalah keberadaan uji laboratorium, sedangkan kelemahan utama adalah desain kemasan yang kurang menarik. Pada aspek eksternal, peluang terbesar adalah tingginya kebutuhan pasar terhadap pupuk organik, sedangkan ancaman utama adalah rendahnya minat petani terhadap penggunaan pupuk organik. Matriks IE menempatkan posisi usaha pada strategi “Grow and Build”, yang mengarahkan pada upaya peningkatan promosi, diversifikasi produk, dan penguatan distribusi. Strategi prioritas dengan nilai TAS 6.47 yang perlu diterapkan adalah peningkatan inovasi mutu produk melalui pengembangan demplot “Go Organik” sebagai media promosi. Strategi ini dinilai paling efektif dalam menarik minat petani dan memperluas pangsa pasar POK.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSundari, SriNIDN0014096402
Uncontrolled Keywords: Pupuk Organik Komplet, Strategi Bauran Pemasaran, SWOT, QSPM
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 183 - Ekonomi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Program Pascasarjana > Prodi S2 Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Myla Imayang Sari
Date Deposited: 13 Aug 2025 04:27
Last Modified: 13 Aug 2025 04:29
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/45855

Actions (login required)

View Item View Item