Amar, Nunzia Widi (2025) Aktifitas Pelayanan Tamu Oleh Food And Beverage Service JW Marriott Hotel Surabaya. [Experiment] (Unpublished)
![]() |
Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (169kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (235kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (113kB) |
![]() |
Text (LAPORAN LENGKAP)
LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Aktifitas Pelayanan Tamu Oleh Food and Beverage Di JW Marriott Hotel Surabaya. Nunzia Widi Amar, F31211620, 2024, - halaman, Jurusan Bahasa Komunikasi dan Pariwisata, Politeknik Negeri Jember, Nila Susanti, S.S., M.Pd., (Dosen Pembimbing) dan Suhertanto (Pembimbing Lapang). Politeknik Negeri Jember (Polije) merupakan perguruan tinggi negeri vokasi yang berada di Jember. Polije memberlakukan kurikulum vokasi dengan proporsi sistem pembelajaran 40% teori dan 60% praktik. Sebagai bentuk usaha tercapainya program pembelajaran yang ada di Polije terdapat program magang di semester 5 untuk mahasiswa program D3 dan semester 6 untuk mahasiswa program D4. Tujuan Politeknik Negeri Jember dalam melaksanakan program magang yakni untuk mewujudkan lulusan Politeknik Negeri Jember yang berkualitas, unggul, dan profesional. Program magang tersebut dilakukan dengan estimasi waktu kurang lebih selama 6 bulan kerja dengan hitungan 900 jam, mencakup durasi maksimal 1 bulan pembekalan dan 1 bulan penyusunan laporan magang. Pemilihan tempat magang yang disediakan oleh pihak Politeknik Negeri Jember meliputi hotel, dinas pariwisata, translation, dan tour and travel organizer. Alasan penulis memilih hotel sebagai tempat magang adalah dikarenakan penulis sangat mengekspetasikan jenjang karir yang lebih baik. Lalu penulis memilih JW Marriott Hotel Surabaya sebagai tempat magang dikarenakan jenjang karir yang menjanjikan pada Marriott Group serta dapat memiliki sertifikat dan beberapa penilaian magang yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam kelulusan interview pada Marriott Carier. Penulis melakukan kegiatan magang di JW Marriott Hotel Surabaya di departemen Food and Beverage Service. Penulis melaksanakan kegiatan di bagian service bar selama 1 minggu, service buffet, greeter atau hostess di minggu ketiga, lalu waitress pada minggu ke empat. Untuk minggu kelima hingga program magang ini selesai telah dilakukan rolling service job desk sesuai dengan arahan pembimbing lapang. Di bagian service, penulis mendapatkan beberapa jobdesk selama kegiatan magang berlangsung, yaitu menjadi greeter untuk mengantarkan guest ke meja yang telah tersedia, pencatatan nomor kamar viapabila guest masuk kedalam restaurant, serta offering guest untuk memesan minuman. Salah satu tugas utama penulis selama melaksanakan magang di divisi service yaitu menangani komplain dari guest. Selama melaksanakan kegiatan magang dan dari beberapa jobdesk yang dilakukan penulis, 60% kegiatan yang dilakukan oleh penulis yaitu menangani komplain dari guest serta melakukan interaksi dengan guest. Handling complaint adalah kegiatan menangani komplain dari guest dengan menawarkan bantuan untuk memperbaiki mood guest. Penulis dalam handling complaints juga melaksanakannya dengan mengikuti prosedur yang ada di hotel. Dari kegiatan tersebut, penulis mendapatkan pengalaman kerja di dunia industri yang sesungguhnya dan dapat mengimplementasikan ilmu dan keterampilan yang didapatkan dari bangku perkuliahan. Saran dari penulis, untuk mahasiswa yang ingin melaksanakan magang di JW Marriott Hotel Surabaya sebaiknya memiliki sikap rasa ingin belajar yang tinggi, mempunyai loyalitas yang tinggi, dan bertanggung jawab. Sehingga dipastikan mahasiswa dengan mudah beradaptasi di lingkungan kerja, dan mahasiswa dapat mengembangkan ilmu pengetahuan keterampilan, serta pengalaman yang baru untuk bekal terjun di dalam dunia pekerjaan profesional yang sesungguhnya.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Food And Beverage, Hotel, | ||||||
Subjects: | 580 - Rumpun Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora > 610 - Ilmu Sosial > 622 - Ilmu Komunikasi 620 - Rumpun Ilmu Humaniora > 613 - Humaniora |
||||||
Divisions: | Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D3 Bahasa Inggris > PKL | ||||||
Depositing User: | Nunzia Widi Amar | ||||||
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:50 | ||||||
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:50 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/45818 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |